Faktor-faktor yang Mendasari Preferensi Lulusan SMP Memilih SMK Program Studi Agribisnis Produksi Tanaman di Propinsi Daerah Istimewa Yonyakarta

Kristianingsih, Kristianingsih (2014) Faktor-faktor yang Mendasari Preferensi Lulusan SMP Memilih SMK Program Studi Agribisnis Produksi Tanaman di Propinsi Daerah Istimewa Yonyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kristianingsih-11702251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan seberapa besar sumbangan dari faktor lingkungan (lingkungan keluarga, lingkungan sekolah asal, lingkungan sosial masyarakat), dan faktor individual (penguasaan informasi, dan pemahaman diri siswa) terhadap preferensi siswa lulusan SMP memilih SMK program studi Agribisnis Produksi Tanaman (APT) di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I.Y). Jenis penelitian merupakan penelitian ex-post facto,dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK kelas 1 dari SMK yang membuka program studi APT di D. I. Y terdiri dari 203 siswa yaitu 97 siswa SMKN 1 Nanggulan, 61 siswa SMKN 1 Pandak, 10 Siswa SMK YIPK Bantul, 13 siswa SMK Hamong Putera, dan 22 siswa SMK Perkebunan MM 52. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah proportional random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar angket. Angket dalam penelitian ini disusun untuk mengungkap data variabel: lingkungan keluarga, lingkungan sekolah asal, lingkungan sosial masyarakat, penguasaan informasi, pemahaman diri, dan pemilihan program studi APT di SMK. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa baik faktor lingkungan maupun faktor individual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan program studi APT. Sumbangan yang diberikan oleh variabel bebas dari yang terbesar secara berturut-turut adalah pemahaman diri 30,1%, penguasaan informasi 30%, lingkungan sosial masyarakat 23,5%, lingkungan sekolah asal 22,5%, dan lingkungan keluarga 18,8%. Sumbangan secara bersama-sama dari variabel bebas terhadap pemilihan program studi APT adalah sebesar 51,8%. Hubungan antar variabel dalam penelitian ini membentuk persamaan Y = 2,189 + 0,213X1 + 0,173X2 + 0,151X3 + 0,133X4 + 0,273X5. Dari hasil analisis diketahui faktor yang mempengaruhi siswa lulusan SMP dalam pemilihan program studi APT, faktor pemahaman diri dan penguasaan informasi mempunyai pengaruh paling besar. Dengan hasil penelitian ini maka perlu adanya peningkatan sosialisasi mengenai SMK khususnya bidang pertanian, dan peningkatan bimbingan karir diberikan kepada siswa SMP. Sehingga membantu siswa memahami minat dan bakat yang dimiliki, dan diharapkan dapat meningkatkan preferensi lulusan SMP dalam memilih SMK program studi APT.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Profesi, bidang kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 14 Sep 2022 02:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12550

Actions (login required)

View Item View Item