Pengaruh Pengalaman Prakerin, Hasil Belajar Mata Diklat Produktif, dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMKN 2 Ciamis

Lestari, Isnania (2014) Pengaruh Pengalaman Prakerin, Hasil Belajar Mata Diklat Produktif, dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMKN 2 Ciamis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-isnania-lestari-12702259002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kesiapan kerja siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Ciamis, dan (2) hubungan dan pengaruh pengalaman prakerin, hasil belajar mata diklat produktif dan dukungan sosial keluarga secara sendiri-sendiri maupun bersama – sama terhadap kesiapan kerja siswa SMKN 2 Ciamis. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto, dengan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMKN 2 Ciamis tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel sejumlah 191 siswa berdasarkan tabel Krejcie Morgan. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotionate cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala Likert dengan alternatif empat jawaban. Data variabel dianalisis dengan statistik deskriptif. Sedangkan hubungan dan pengaruh setiap variabel bebas terhadap variabel terikat dianalisis dengan statistik korelasi dan regresi. Interpretasi data hasil analisis menggunakan taraf signifikansi p = 0,05. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa tingkat kesiapan kerja siswa SMKN 2 Ciamis adalah sebagai berikut: sebesar 36,65% siswa memiliki tingkat kesiapan kerja pada kategori sangat tinggi, dan 63,35% siswa memiliki tingkat kesiapan kerja yang tinggi. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengalaman prakerin, hasil belajar mata diklat produktif dan dukungan sosial keluarga terhadap kesiapan kerja siswa baik secara sendiri – sendiri maupun bersama – sama. Kontribusi yang diberikan oleh pengalaman prakerin terhadap kesiapan kerja siswa adalah 24%. Kontribusi yang diberikan oleh hasil belajar mata diklat produktif terhadap kesiapan kerja siswa adalah 3,8%. Kontribusi yang diberikan oleh dukungan sosial keluarga terhadap kesiapan kerja siswa adalah 18,4%. Kontribusi yang diberikan oleh pengalaman prakerin, hasil belajar mata diklat produktif dan dukungan sosial keluarga terhadap kesiapan kerja siswa secara bersama – sama adalah 32,7% (R2 = 0,327). Hal ini menjelaskan bahwa pengalaman prakerin, hasil belajar mata diklat produktif dan dukungan sosial keluarga secara bersama-sama mampu menjelaskan varian kesiapan kerja siswa SMKN 2 Ciamis sebesar 32,7%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Prakerin, Hasil Belajar Mata Diklat Produktif, Dukungan Sosial Keluarga, Kesiapan Kerja Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 14 Sep 2022 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12548

Actions (login required)

View Item View Item