Kontribusi Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Life Skills, Career Skills, dan Technology Skills Siswa SMK Bidang Keahlian Teknologi Industri Kota Pontianak

Negara, Irma Manda (2014) Kontribusi Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Life Skills, Career Skills, dan Technology Skills Siswa SMK Bidang Keahlian Teknologi Industri Kota Pontianak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-irma-manda-negara-12702251015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan prakerin di SMK Bidang Keahlian Teknologi Industri Kota Pontianak dan kontribusi pelaksanaan prakerin itu sendiri terhadap life skills, career skills, dan technology skills siswa kelas XII bidang keahlian teknologi industri SMK kota Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan sumber data guru pembimbing intern (sekolah) sebanyak 79 orang dan pembimbing ekstern (industri) sebanyak 60 orang, sebagai populasi adalah siswa kelas XII sebanyak 1184 orang. Teknik yang dipakai untuk menentukan sampel adalah Proportionate Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) 53,16% guru pembimbing mengatakan bahwa kurikulum sesuai tuntutan kompetensi keahlian masuk dalam kategori baik dan 58,33% pembimbing eksternal masuk dalam kategori sangat baik; (2) 64,56% guru pembimbing mengatakan bahwa hubungan link and match antara sekolah dengan dunia industri masuk dalam kategori sangat baik dan 45,00% pembimbing eksternal masuk dalam kategori sangat baik; (3) 54,43% guru pembimbing mengatakan bahwa implementasi kompetensi yang diterapkan di sekolah terhadap dunia kerja masuk dalam kategori baik dan 51,67% pembimbing eksternal masuk dalam kategori baik; (4) 70,88% guru pembimbing mengatakan bahwa etos kerja/pengalaman kerja masuk dalam kategori baik dan 60,00% pembimbing eksternal masuk dalam kategori sangat baik. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan: (1) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan pengalaman prakerin terhadap life skills siswa di SMK Bidang Keahlian Teknologi Industri Kota Pontianak dengan koefisien regresi sebesar 0,688 dengan nilai thitung = 12,573 dan sumbangan efektif sebesar 37,3%; (2) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan pengalaman prakerin terhadap career skills siswa di SMK Bidang Keahlian Teknologi Industri Kota Pontianak dengan koefisien regresi sebesar 0,400 dengan nilai thitung = 11,793 dan sumbangan efektif sebesar 34,3%; (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan pengalaman prakerin terhadap technology skills siswa di SMK Bidang Keahlian Teknologi Industri Kota Pontianak dengan koefisien regresi sebesar 0,251 dengan nilai thitung = 8,524 dan sumbangan efektif sebesar 21,5%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman prakerin, life skills, career skills, dan technology skills
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 14 Sep 2022 03:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12547

Actions (login required)

View Item View Item