Upaya Peningkatan Kompetensi Siswa dalam Melakukan Pangkas Rambut di SMK N I Sewon Melalui Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif

Kartiani, Hanifah Nuning (2014) Upaya Peningkatan Kompetensi Siswa dalam Melakukan Pangkas Rambut di SMK N I Sewon Melalui Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hanifah-nuning-kartiani-11702259030.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam melakukan pangkas rambut di SMK N I Sewon melalui Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif. Peningkatan kompetensi dalam penelitian ini meliputi peningkatan kognitif, afektif dan psikomotor. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart yang pelaksanaannya meliputi empat tahap yang akan dilakukan sebagai acuan dalam proses belajar mengajar dikelas, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan oleh peneliti dan dibantu oleh dua orang kolaborator yaitu guru yang mengampu mata diklat Kompetensi Kejuruan Rambut (KKR). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Kecantikan Rambut (TKR) SMKNegeri I Sewon, Bantul, Yogyakarta yang berjumlah 29 orang. Pengumpulan data menggunakan data nilai kompetensi siswa yang diambil dengan penilaian kognitif, afektif dan psikomotor melalui observasi terstruktur. Data nilai siswa dari ketiga ranah dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui ketercapaian kriteria ketuntasan minimal. Hasil penilaian kompetensi tiap-tiap aspek yang dinilai kemudian diberi bobot perbandingan 60% psikomotor, 25% kognitif dan 15% afektif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Nilai rata-rata hasil kompetensi aspek kognitif meningkat dari siklus I yaitu 64,13 pada siklus II menjadi 70,5. Nilai afektif siklus I yang memperoleh kategori baik ada 26 siswa (89,65%) dan pada siklus II menjadi 100% yang memperoleh kategori baik. Sedangkan nilai psikomotor pada siklus I ada 22 orang siswa (75%) yang memperoleh nilai ≥ 80 dan pada siklus II menjadi ada 29 siswa (100%) yang mendapat nilai ≥80. Ketiga ranah dengan pembobotan di atas menunjukkan peningkatan kompetensi yang dicapai oleh siswa secara klasikal adalah sebesar 41,52% di mana pada siklus I hanya 55% (16 orang) siswa mencapai KKM dan pada siklus II meningkat menjadi 96,52% (28 orang siswa). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kreatif-produktif dapat meningkatkan kompetensi siswa kelas X dalam melakukan pangkas rambut di SMK N I Sewon Bantul.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, pemangkasan rambut, kreatif-produktif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12540

Actions (login required)

View Item View Item