Peningkatan Kompetensi Siswa dalam Menyiapkan dan Menyajikan Minuman Nonalkohol di SMK Negeri 2 Godean Melalui Metode Demonstrasi.

Handartiningsih, Handartiningsih (2014) Peningkatan Kompetensi Siswa dalam Menyiapkan dan Menyajikan Minuman Nonalkohol di SMK Negeri 2 Godean Melalui Metode Demonstrasi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-handartiningsih-11702259027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam menyiapkan dan menyajikan minuman nonalkohol di SMK Negeri 2 Godean melalui metode demonstrasi. Penelitian tindakan kelas ini melalui tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu:(1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan pembelajaran dan pengamatan, dan (3) tahap evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 2 Godean kelas XII Boga 2 sebanyak 35 orang. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes tertulis maupun tes kinerja. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Metode demonstrasi secara kolaborasi dapat meningkatkan kemampuan siswa pada aspek kognitif. Pencapaian ketuntasan klasikal aspek kognitif siklus I 88,57% dengan kategori baik. Pada siklus II mencapai 91,43% dengan kategori sangat baikdan pada siklus III mencapai 94,29% dengan kategori sangat baik.(2) Metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa pada aspek afektif. Rata-rata nilai afektif siswa pada siklus I adalah 86 dengan kategori baik. Rata-rata nilai afektif siswa pada siklus II adalah 88 dengan kategori baik. Rata-rata nilai afektif siswa pada siklus III adalah 91 dengan kategori sangat baik. (3) Metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa pada aspek psikomotor. Pencapaian ketuntasan klasikal aspek psikomotor pada siklus I adalah 34,29% dengan kategori kurang baik. Pada siklus II mencapai 85,71% dengan kategori baik, dan pada siklus III 91,43% dengan kategori sangat baik. (4) Metode demonstrasi secara kolaborasi dengan tenaga ahli dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam menyajikan minuman secara efektif dengan cara yang menarik. Ada peningkatan kemampuan siswa dalam meracik minuman. (5) Penerapan metode demonstrasi secara optimal dengan melakukan peragaan langkah-langkah kegiatan sesungguhnya, menggunakan alat dan bahan sesuai standar, kemudian siswa diberi kesempatan melakukan latihan secara berulang-ulang telah membuat siswa semakin terbiasa melakukannya. Keterampilan tersebut menjadi suatu pekerjaan yang dapat dilakukannya secara otomatis. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam menyiapkan dan menyajikan minuman nonalkohol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, metode demonstrasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 13 Sep 2022 08:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12539

Actions (login required)

View Item View Item