Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Internet di SMK Se-Kota Yogyakarta Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Arnanto, Ganggang Canggi (2014) Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Internet di SMK Se-Kota Yogyakarta Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ganggang-anggi-arnanto-11702251025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keefektifan pembelajaran berbantuan internet di sekolah menengah kejuruan (SMK) Se-Kota Yogyakarta. Sekolah-sekolah tersebut dipilih yang memiliki kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan sudah melaksanakan pembelajaran berbantuan internet sebagai persiapan untuk menyambut Asian Community 2015 pada kerjasama Promoting Information and Comunication Technology (ICT), sehingga perlu diketahui sejauhmana keefektifannya. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Variabel penelitiannya adalah penguasaan strategi pembelajaran guru, sikap siswa, kualifikasi guru, dan kelengkapan sarana dan prasarana laboratorium komputer. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 2 dan seluruh guru yang mengajar kelas 2 kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket untuk guru dan siswa, dan lembar observasi untuk kelengkapan sarana dan prasarana laboratorium komputer. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa penguasaan strategi pembelajaran guru berada pada kategori baik (rerata 150.52) dengan tingkat kecendrungan sebesar 53.29% belum memenuhi standar yang telah ditetapkan pada kategori pembelajaran yang efektif, dan sikap siswa berada pada kategori baik (rerata62.95) dengan tingkat kecendrungan sebesar 54.31%. Secara keseluruhan pembelajaran berbantuan internet di SMK Se-Kota Yogyakarta sudah efektif, meskipun penguasaan strategi pembelajaran guru perlu ditingkatkan dengan mengikutsertakan mereka pada pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan pembelajaran berbantuan internet. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa: a) adapengaruh dan hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan strategi pembelajaran berbantuan internet di SMK se-Kota Yogyakarta, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.875, dengan probabilitas (P) sebesar 0.000; b) ada pengaruh dan hubungan yang positif dan signifikan antara sikap siswa terhadap keefektifan pembelajaran berbantuan internet di SMK se-Kota Yogyakarta, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.901 dengan probabilitas (P) sebesar 0.000; c) ada pengaruh dan hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan strategi pembelajaran guru dan sikap siswa terhadap keefektifan pembelajaran berbantuan internet di SMK se-Kota Yogyakarta, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.931 dengan probabilitas (P) sebesar 0.000

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan pembelajaran, sekolah menengah kejuruan, teknik komputer dan jaringan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 13 Sep 2022 02:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12537

Actions (login required)

View Item View Item