Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan melalui Business Center, Pengalaman Prakerin, dan Latar Belakang Keluarga terhadap Kompetensi Berwirausaha Siswa SMK Negeri Kelompok Bisnis dan Manajemen di Kota Yogyakarta

Prabadari, Ertyn Tyas (2014) Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan melalui Business Center, Pengalaman Prakerin, dan Latar Belakang Keluarga terhadap Kompetensi Berwirausaha Siswa SMK Negeri Kelompok Bisnis dan Manajemen di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ertyn tyas prabandari-12702251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) pembelajaran kewirausahaan melalui business center, (2) pengalaman prakerin, (3) latar belakang keluarga, dan (4) pembelajaran kewirausahaan melalui business center, pengalaman prakerin, dan latar belakang keluarga secara bersama-sama terhadap kompetensi berwirausaha siswa SMK Negeri kelompok bisnis dan manajemen di Kota Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri kelompok bisnis dan manajemen di Kota Yogyakarta. Sampel sebanyak 221 siswa ditentukan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Data variabel dianalisis dengan statistik deskriptif. Pengaruh setiap variabel bebas terhadap variabel terikat dianalisis dengan statistik regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran kewirausahaan melalui business center berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi berwirausaha siswa SMK, yang ditunjukkan dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05; (2) pengalaman prakerin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi berwirausaha siswa SMK, yang ditunjukkan dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05; (3) latar belakang keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi berwirausaha siswa SMK, yang ditunjukkan dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05; (4) pembelajaran kewirausahaan melalui business center, pengalaman prakerin, dan latar belakang keluarga secara besama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi berwirausaha siswa SMK, yang ditunjukkan dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: business center, praktik kerja industri (prakerin), latar belakang keluarga, kompetensi berwirausaha
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 14 Sep 2022 05:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12533

Actions (login required)

View Item View Item