Fatmawati, Erni (2014) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Belajar, Gaya Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer di STKIP PGRI Pontianak. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-erni-fatmawati-12702259007.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pola asuh orang tua, lingkungan belajar, gaya belajar, dan motivasi belajar mahasiswa; (2) pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar; (3) pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar; (4) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar; (5) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar; dan (6) pengaruh pola asuh orang tua, lingkungan belajar, gaya belajar, dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi PTIK di STKIP PGRI Pontianak. Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto dengan desain penelitian kausal komparatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester II Prodi PTIK tahun akademik 2013/2014 yang berjumlah 270 orang. Penentuan ukuran sampel menggunakan tabel Issac & Michael dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 sehingga diperoleh sampel penelitian sejumlah 159 orang dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan data dari setiap variabel dan analisis regresi yang digunakan untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pola asuh orang tua pada kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata 44,78; lingkungan belajar pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 54,86; gaya belajar pada kategori cukup dengan skor rata-rata 53,58; dan motivasi belajar pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 67,16; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar sebesar 12,1% dengan nilai r=0,347; p<0,05; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar sebesar 31,6% dengan nilai r=0,562 p<0,05; (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar sebesar 23,2% dengan nilai r=0,481 p<0,05; (5) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 16,9% dengan nilai r=0,411 p<0,05; dan (6) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pola asuh orang tua, lingkungan belajar, gaya belajar, dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi PTIK di STKIP PGRI Pontianak sebesar 51,4%. Prediksi perubahan Y ditunjukkan oleh persamaan nilai regresi Y= ˗0,470 + 0,010X1 + 0,021X2 + 0,020X3 + 0,011X4.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh orang tua, lingkungan belajar, gaya belajar, motivasi belajar, dan prestasi belajar |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 09 Mar 2015 02:47 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 08:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12532 |
Actions (login required)
View Item |