Iriani, Dwi Sapitri (2014) Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK Negeri 3 Purworejo. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-dwi-sapitri-iriani-11702259050.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mengevaluasi: 1) komponen konteks meliputi; tujuan program prakerin, kerjasama DU/DI dengan sekolah berdasarkan MoU, dan harapan pelaksanaan prakerin sesuai dengan kurikulum implementatif; 2) komponen input melliputi; pelaksanaan kegiatan Prakerin berkaitan dengan kesiapan peserta, kurikulum implementatif, visi dan misi sekolah serta tujuan kompetensi keahlian jasa boga SMK Negeri 3 Purworejo; 3) komponen proses meliputi; keterlibatan/partisipasi siswa, kerjasama siswa, pemanfaatan waktu dan kemampuan memecahkan masalah pada pelaksanaan kegiatan kerja di industri; 4) komponen produk meliputi; kemampuan penguasaan kompetensi dan sertifikasi siswa setelah pelaksanaan kegiatan Prakerin. Penelitian ini menggunakan model (CIPP) yang mencakup komponen context, input, process, product. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari siswa peserta praktik, Pokja Prakerin SMK Negeri 3 Purworejo dan DU/DI (Pringsewu Restoran Grup Purwokerto, Puri Asri Hotel Magelang dan RSUD Saras Husada Purworejo). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kuantitatif diolah secara deskriptif dengan bantuan Program SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam evaluasi komponen konteks terdiri dari tiga indikator, jumlah siswa yang sangat setuju adalah 15 atau 34,9% dan yang setuju 28 atau 61,5%. Jumlah guru pembimbing yang sangat setuju 6 atau 75,0% dan yang setuju 2 atau 25,0%. Semua pembimbing DU/DI (100%) menyatakan sangat setuju. Evaluasi komponen input, siswa yang sangat setuju 22 atau 51,2% dan yang setuju 21 atau 48,8%. Jumlah guru pembimbing yang sangat setuju adalah 7 atau 87,5% dan yang setuju 1 orang atau 12,5%. Semua pembimbing DU/DI (100%) menyatakan sangat setuju. Evaluasi komponen proses, jumlah siswa yang sangat setuju adalah 13 atau 30,2% dan yang setuju 30 atau 48,8%. Jumlah guru pembimbing yang sangat setuju adalah 5 atau 62,5% dan yang setuju 3 atau 37,5%. Semua pembimbing DU/DI (100%) menyatakan sangat setuju. Evaluasi komponen produk jumlah siswa yang sangat setuju adalah 18 atau 41,9% dan yang setuju 25 atau 58,1%. Jumlah guru pembimbing yang sangat setuju adalah 6 orang atau 75,0% dan yang setuju 2 atau 25,0%. Semua (100%) pembimbing DU/DI menyatakan sangat setuju
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kurikulum implementatif, prakerin, CIPP |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 09 Mar 2015 02:47 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 02:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12528 |
Actions (login required)
View Item |