Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Keamanan Komputer Ditinjau Dari Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer STKIP PGRI Pontianak

Ramadhani, Dochi (2014) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Keamanan Komputer Ditinjau Dari Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer STKIP PGRI Pontianak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dochi-ramadhani-12702259003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw efektif untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di Prodi TIK STKIP PGRI Pontianak dibandingkan dengan metode klasikal yang telah biasa dipergunakan oleh dosen Prodi Pendidikan TIK STKIP PGRI Pontianak selama ini pada mata kuliah keamanan komputer pokok bahasan kriptografi. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment, dengan desain penelitian non-equivalent group. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan TIK STKIP PGRI Pontianak semester 4 tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah populasi 6 kelas dengan total mahasiswa 216 mahasiswa. Sampel yang digunakan adalah 4 kelas yang terdiri dari 2 kelas pagi dan 2 kelas sore. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kelompok eksperimen diberikan treatment pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran klasikal sesuai dengan proses belajar mengajar di kampus tersebut seperti: ceramah, diskusi, atau tanya jawab, treatment dilakukan sebanyak empat kali pertemuan atau empat minggu perkuliahan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan tes kompetensi. Tes kompetensi dilakukan untuk memperoleh data prestasi belajar peserta didik. Dalam penelitian ini ada dua kali pengumpulan data, yaitu dilakukan sebelum treatment dengan (pretest), dan setelah treatment (posttest). Data gain score dianalisis secara deskriptif dan dicari selisihnya untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan metode klasikal, kemudian dilakukan analisa hipotesis dengan menggunakan One-Way Anova dengan taraf signifikansi 0,05 untuk mengetahui perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran klasikal di Program Studi Pendidikan TIK STKIP PGRI Pontianak pada mata kuliah keamanan komputer, hasil ini dapat di ketahui dari uji hipotesis perbandingan selisih nilai (gain score) yang diperoleh setelah pemberian treatment (posttest) antara kelompok ekperimen dan kelompok kontrol

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, pembelajaran klasikal, pendidikan TIK, pembelajaran kooperatif, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 14 Sep 2022 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12527

Actions (login required)

View Item View Item