Peningkatan Kompetensi Membuat Garnish Makanan dan Minuman pada Mata Pelajaran Boga Dasar melalui Pemanfaatan Media Sosial di SMK Negeri 2 Magetan

Setyowati, Dian (2014) Peningkatan Kompetensi Membuat Garnish Makanan dan Minuman pada Mata Pelajaran Boga Dasar melalui Pemanfaatan Media Sosial di SMK Negeri 2 Magetan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dian-setyowati-1202251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tentang upaya meningkatkan kompetensi membuat garnish makanan dan minuman dengan memanfaatkan media sosial dalam pembelajaran, (2) mengetahui peningkatan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan membuat garnish makanan dan minuman dengan memanfaatkan media sosial dalam pembelajaran, dan (3) mengetahui manfaat media sosial dalam pembelajaran membuat garnish makanan dan minuman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus tindakan. Setiap siklus terdiri dari pembelajaran di dalam kelas dan pembelajaran di luar kelas, dimana setiap pembelajaran terdiri dari pembelajaran teori dan pembelajaran praktik. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) tahap perencanaan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap observasi dan evaluasi; (4) tahap refleksi. Subjek penelitian adalah siswa SMK Negeri 2 Magetan Kelas X Kompetensi Keahlian Jasa Boga A dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tulis, dan tes kinerja. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil dari tindakan yang dilakukan adalah (1) media sosial dimanfaatkan dalam pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Pembelajaran di luar kelas menggunakan Facebook sebagai sarana ruang belajar dan komunikasi, dan pembelajaran di dalam kelas menggunakan metode diskusi dengan menggunakan sumber belajar media sosial, demonstrasi, dan menggunakan Facebook sebagai sarana siswa dalam mengkomunikasikan hasil belajar; (2) Ketercapaian kompetensi yang didapatkan pada siklus I mencapai 90,91% dengan nilai rata-rata 81,73 dengan kategori “baik”. Ketercapaian pada siklus II mencapai 100% dengan nilai rata-rata 93,41 dengan kategori “sangat baik. Adapun ketercapaian kompetensi tersebut terdiri dari ketercapaian hasil belajar sebagai berikut: (a) ketercapaian hasil belajar ranah sikap yang terdiri dari pembelajaran di luar kelas dengan menggunakan media sosial pada siklus I dan II mencapai ketuntasan berturut-turut adalah 63,64%, 95,45%, 100%, dan 100%, ketercapaian hasil belajar ranah sikap siswa pada saat pembelajaran di dalam kelas untuk setiap pertemuan pada siklus I dan siklus II berturut turut adalah 77,27%, 95,45%, 95,45%, dan 100%; (b) ketercapaian hasil belajar ranah pengetahuan pada siklus I sebesar 100% dengan rata-rata nilai 79,27 dan pada siklus II mencapai 100% dengan nilai rata-rata 87,09; (c) ketercapaian hasil belajar ranah keterampilan pada siklus I sebesar 100% dengan nilai rata-rata 86,36 dan pada siklus II mencapai 100% dengan nilai rata-rata 97,50; (3) manfaat media sosial dalam pembelajaran dapat meningkatkan interaksi siswa tanpa dibatasi ruang dan waktu, siswa lebih mandiri, kreatif, percaya diri, dan lebih menghargai pendapat orang lain.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Membuat Garnish Makanan dan minuman, Mata Pelajaran Boga Dasar, Media Sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 15 Sep 2022 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12525

Actions (login required)

View Item View Item