Pengaruh Motivasi, Gaya Belajar, Kepemimpinan Guru, dan Intensitas Pengajaran terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 4 Pontianak.

Sulistiyarini, Dewi (2014) Pengaruh Motivasi, Gaya Belajar, Kepemimpinan Guru, dan Intensitas Pengajaran terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 4 Pontianak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dewi sulistiyarini-12702259005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) informasi tentang variabel yang mempengaruhi hasil belajar siswa SMK N 4 Pontianak kelas X pada mata pelajaran matematika, dan (2) besarnya korelasi motivasi, gaya belajar, kepemimpinan guru, intensitas pengajaran, dan hasil belajar. Selain itu, untuk mengetahui besarnya sumbangan variabel motivasi, gaya belajar, kepemimpinan guru, dan intensitas pengajaran yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran matematika. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian ex-post facto dengan jumlah populasi sebanyak 576 siswa, dan jumlah sampel penelitian yaitu sebanyak 234 siswa kelas X di SMK N 4 Pontianak. Pemilihan sampel siswa dilakukan dengan menggunakan teknil proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, dan statistik inferensial yaitu korelasi dan regresi ganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai kejulingan motivasi 0,207 yaitu perlu ditingkatkan, nilai kejulingan gaya belajar 0,295 yaitu perlu ditingkatkan, nilai kejulingan kepemimpinan guru -0,601 yaitu perlu dipertahankan, nilai kejulingan intensitas pengajaran -0,831 yaitu perlu dipertahankan, dan nilai kejulingan hasil belajar 0,329 yaitu perlu ditingkatkan. Hasil analisis statistik inferensial yaitu korelasi, diketahui bahwa motivasi, gaya belajar, kepemimpinan guru, intensitas pengajaran, dan hasil belajar memiliki korelasi karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Adapun nilai korelasi motivasi dan hasil belajar yaitu 0,627, gaya belajar dan hasil belajar yaitu 0,532, kepemimpinan guru dan hasil belajar yaitu 0,563, intensitas pengajaran dan hasil belajar yaitu 0,674. Besarnya korelasi secara bersama motivasi, gaya belajar, kepemimpinan guru, dan intensitas pengajaran yaitu sebesar 0,755, dan nilai determinasi yaitu 0,571. Hal itu menunjukkan bahwa sebesar 57,1% variabel penelitian memiliki korelasi terhadap hasil belajar, sebesar 42,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil analisis statistik inferensial yaitu regresi ganda menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya variabel motivasi, gaya belajar, kepemimpinan guru, dan intensitas pengajaran dapat digunakan untuk memprediksi hasil belajar, dengan besarnya sumbangan setiap variabel berbeda. Motivasi memiliki sumbangan terbesar terhadap hasil belajar yaitu sebesar 0,381, gaya belajar memiliki sumbangan sebesar 0,199, kepemimpinan guru memiliki sumbangan terbesar 0,223, dan intensitas pengajaran memiliki sumbangan sebesar 0,175

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, gaya belajar, kepemimpinan guru, dan intensitas pengajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 31 Aug 2022 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12523

Actions (login required)

View Item View Item