Pengaruh Komitmen Organisasi, Motivasi Kerja, dan Pemberian Insentif Terhadap Disiplin Kerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Kampar

Fitriani, Fitriani (2014) Pengaruh Komitmen Organisasi, Motivasi Kerja, dan Pemberian Insentif Terhadap Disiplin Kerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Kampar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitriani-12703251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh komitmen organisasi, motivasi kerja, dan pemberian insentif terhadap disiplin kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kausal-komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri di Kabupaten Kampar yang berjumlah 796 orang. Jumlah sampel sebanyak 172 guru PNS yang diambil dari 13 sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Komitmen organisasi memiliki pengaruh terhadap disiplin kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Kampar. Nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0,451 (p<0,05). Komitmen organisasi memberikan sumbangan sebesar 19,8% terhadap disiplin kerja. (2) Motivasi kerja berpengaruh terhadap disiplin kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Kampar. Nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0,44 (p<0,05). Motivasi kerja memberikan sumbangan sebesar 18,9% terhadap disiplin kerja. (3) Pemberian insentif berpengaruh terhadap disiplin kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Kampar. Nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0,374 (p<0,05). Pemberian insentif memberikan sumbangan sebesar 13,5% terhadap disiplin kerja. (4) Komitmen organisasi, motivasi kerja, dan pemberian insentif secara serentak berpengaruh terhadap disiplin kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Kampar. Nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0,549 (p<0,05). Dan secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 28,9% terhadap disiplin kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Komitmen organisasi, motivasi kerja, pemberian insentif, disiplin kerja
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 28 Dec 2022 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12521

Actions (login required)

View Item View Item