Efektivitas Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PTIK STKIP PGRI Pontianak Kalimantan Barat

Lesmana, Chandra (2014) Efektivitas Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PTIK STKIP PGRI Pontianak Kalimantan Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-chandra-lesmana-12702259012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji keefektifan penerapan model PjBL di Program Studi PTIK STKIP PGRI Pontianak pada mata kuliah Pemrograman Visual 1 dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. (2) menguji kemungkinan implementasi model pembelajaran PjBL di Program Studi PTIK STKIP PGRI Pontianak. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian quasi experiment. Desain dalam penelitian ini menggunakan posttest control group design dengan kelompok non ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 4 dari Program Studi PTIK STKIP PGRI Pontianak. Dalam pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random Assigment dengan cara penugasan dari setiap populasi semester 4 Program Studi PTIK STKIP PGRI Pontianak tahun angkatan 2013/2014 dan dihasilkan 4 kelas yaitu kelompok eksperimen A dan kelompok eksperimen B serta kelompok kontrol A dan kelompok kontrol B, masing-masing kelas terdiri dari 36 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan kuisioner, observasi, dan penilaian proyek. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan setelah perlakuan (posttest). Data posttest dianalisis secara deskriptif dengan Anova untuk mengetahui perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil pengujian hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran PjBL dibandingkan mahasiswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan metode tutorial. Nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen A 44,9722, kelompok eksperimen B 42,4722, kelompok kontrol A 40,5556, dan kelompok kontrol B 37,5882. Pada tabel hasil One-Way Anova didapatkan nilai α = 0,008<0,05. Hasil ini membuktikan bahwa nilai posttest terdapat perbedaan yang signifikan. Sedangkan aspek penilain proyek dapat dilihat bahwa untuk nilai taraf signifikan penilaian proyek dengan hasil α = 0,001<0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penerapan model pembelajaran PjBL di Program Studi PTIK STKIP PGRI Pontianak pada mata kuliah Pemrograman Visual 1 dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Hasil analisis angket penerapan pembelajaran PjBL dapat dilihat dari persentase dengan kategori Sangat Baik berjumlah 18%, untuk kategori Baik berjumlah 76%, untuk kategori Kurang Baik berjumlah 6%, dan untuk kategori Tidak Baik berjumlah 0%. Dari hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PjBL dapat dikatakan baik dan dapat diimplementasikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, project based learning, TIK, proyek
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 14 Sep 2022 03:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12506

Actions (login required)

View Item View Item