Faktor Determinan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru SMK di Kabupaten Gunungkidul.

Destiana, Bonita (2014) Faktor Determinan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru SMK di Kabupaten Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-bonita-destiana-12702251043.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh faktor sosial terhadap pemanfaatan TIK; (2) pengaruh kemudahan penggunaan terhadap pemanfaatan TIK; (3) pengaruh kesesuaian tugas terhadap pemanfaatan TIK; (4) pengaruh harapan hasil terhadap pemanfaatan TIK; dan (5) pengaruh pemanfaatan TIK terhadap kinerja guru SMK di Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, yang dilaksanakan pada empat SMK yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Gunungkidul. Populasi penelitian ini sebanyak 377 guru dari empat SMK. Teknik pengambilan sampel dengan proportionale random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Krejcie dan Morgan, untuk populasi sebanyak 377 maka sampel yang diambil sebanyak 191 guru. Data diperoleh dengan kuesioner tertutup yang telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Validitas instrumen diketahui berdasarkan penilaian pakar dan analisis butir berdasarkan data empirik. Reliabilitas diketahui dengan cara menghitung koefisien Cronbach Alpha (). Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor sosial berpengaruh terhadap pemanfaatan TIK; (2) kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap pemanfaatan TIK; (3) kesesuaian tugas berpengaruh terhadap pemanfaatan TIK; (4) harapan hasil tidak berpengaruh terhadap pemanfaatan TIK; dan (5) pemanfaatan TIK berpengaruh terhadap kinerja guru SMK di Kabupaten Gunungkidul

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: TIK, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 00:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12504

Actions (login required)

View Item View Item