PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI DIMENSI TIGA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X

Awwalunita, Naafi (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI DIMENSI TIGA UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NAAFI AWWALUNITA 09301241024.pdf

Download (94MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PMRI pada materi dimensi tiga untuk siswa MAN kelas X yang layak berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan produk berupa perangkat pembelajaran. Pada pengembangan ini, peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Maguwoharjo, sedangkan obyek penelitiannya adalah perangkat pembelajaran dengan pendekatan PMRI pada materi dimensi tiga. Dari penelitian yang dilakukan, menghasilkan perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) yang layak berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Perangkat pembelajaran berupa RPP yang terdiri dari tiga RPP yang memuat enam kali pertemuan dan LKS terdiri dari tiga LKS yang memuat 14 kegiatan sebanyak 52 halaman. Perangkat pembelajaran layak digunakan dengan skor rata-rata penilaian perangkat pembelajaran oleh ahli materi sebesar 180 yang termasuk dalam klasifikasi baik, dan skor penilaian dari ahli media sebesar 60 yang termasuk dalam klasifikasi baik sehingga perangkat pembelajaran valid. Hasil kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari angket respon siswa yang menunjukkan skor sebesar 3,42 yang termasuk dalam klasifikasi praktis. Keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari tes hasil belajarsiswa yang menunjukkan ketuntasan belajar siswa sebesar 71,88% dengan nilai rata-rata 76,13 sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran tersebut efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, PMRI, dimensi tiga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 Mar 2019 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12488

Actions (login required)

View Item View Item