Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Materi Tata Cara Sholat untuk Kelas II Sekolah Dasar

Zinnurain, Zinnurain (2014) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Materi Tata Cara Sholat untuk Kelas II Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zinnurain-12707251012.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran PAI materi tata cara sholat yang layak digunakan untuk siswa kelas II Sekolah Dasar ditinjau dari aspek materi, pembelajaran, tampilan dan pemrograman; (2) mengetahui respons siswa; dan (3) mengetahui efektifitasnya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan research and development (R&D) yang meliputi tahap: (1) analisis kebutuhan, (2) desain pembelajaran, (3) pengembangan produk, dan (4) evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 29 siswa kelas II SD Negeri Samirono, Sleman, Yogyakarta. Tiga orang untuk uji coba satu-satu, sembilan orang untuk uji coba kelompok kecil dan seluruh siswa untuk uji coba lapangan. Uji validitas multimedia dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan guru. Instrumen pengumpulan data berupa angket untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan, dan untuk mengetahui keefektifan penggunaan multimedia dilaksanakan pembelajaran menggunakan multimedia hasil pengembangan dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Produk multimedia pembelajaran PAI materi tata cara sholat ini layak atau valid. Hal ini terbukti dari penilaian ahli materi terhadap aspek materi dengan kategori sangat baik(4,3), dan aspek pembelajaran berkategori baik(3,83), sedangkan penilaian ahli media terhadap multimedia pembelajaran yang dikembangkan, aspek tampilan berkategori sangat baik(4,2), dan aspek pemrograman berkategori sangat baik(4,4). Berdasarkan penilaian dari guru, aspek materi berkategori sangat baik(4,6), aspek pembelajaran berkategori sangat baik(4,08), aspek tampilan berkategori sangat baik(4,45), dan aspek pemrograman berkategori baik(3,8). (2) Respon siswa terhadap multimedia yang dikembangkan sangat baik(95,51%). (3) Keefektifan multimedia pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori “tinggi”, hal ini ditunjukkan dari rerata kenaikan skor seluruh siswa kelas II sebesar 0,71. Hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran pendidikan agama Islam materi tata cara sholat yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas II sekolah dasar

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, multimedia, tata cara sholat
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 08 May 2019 15:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12482

Actions (login required)

View Item View Item