Efektivitas Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran Kewirausahaan Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY Tahun Akademik 2012/2013

Suwarno, Suwarno (2014) Efektivitas Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran Kewirausahaan Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY Tahun Akademik 2012/2013. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-suwarno1.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media visual dalam pembelajaran kewirausahaan pada mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi.FE UNY Tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan termasuk jenis eksperimen-semu, desain menggunakan pre-test dan post-test dengan kelompok pengendali tidak diacak. Peneliti telah memilih kelas A sebagai kelompok eksperimen/coba dan kelas B sebagai kelompok pengendali/kontrol yang sejajar dalam prestasi. Analisis data menggunakan compare means paired sample t-test dan independent sample t-test dengan variabel kontrol kondisi psikologis mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh: (1) Hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -18.499 signifikansi dua arah pada 0,000. Hal tersebut menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dengan nilai post-test mahasiswa kelas A (kelas eksperimen); (2) Penggunaan pembelajaran dengan media visual lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah tanpa media visual dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah kewirausahaan di jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY. Dari hasil uji independent t-test ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 4,104 > t tabel sebesar 2,660 dan signifikansi sebesar 0,000, sehigga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai post-test mahasiswa kelas eksperimen (Kelas A) dengan nilai post-test mahasiswa kelas pengendali (Kelas B); (3) Kondisi psikologis mahasiswa yang bertipe visual, kemampuan pemahaman materi kewirausahaan akan lebih baik jika proses pembelajarannya menggunakan media visual. Hasil uji independent t-test kelas A (kelas eksperimen) diperoleh nilai post-test rata-rata dari kelompok audio/konvensional sebesar 7,500 dan nilai post-test rata-rata dari kelompok visual sebesar 8,474. Hasil pengujian diperoleh t hitung sebesar | -3,166| > t tabel sebesar 2,032; maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai post-test mahasiswa kelompok audio/konvensional dengan nilai post-test mahasiswa kelompok visual; (4) Kondisi psikologis mahasiswa yang bertipe audio/konvensional, kemampuan pemahaman materi kewirausahaan akan lebih baik jika proses pembelajarannya menggunakan audio/konvensional. Hasil uji independent t-test kelas B (kelas pengendali) diperoleh nilai post-test rata-rata dari kelompok audio/konvensional sebesar 7,412 dan nilai post-test rata-rata dari kelompok visual sebesar 6,444. Hasil pengujian diperoleh t hitung sebesar 2,471 > t tabel sebesar 2,032; maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai post-test mahasiswa kelompok audio/konvensional dengan nilai post-test mahasiswa kelompok visual.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Visual, Pembelajaran Kewirausahaan
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 08 May 2019 15:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12480

Actions (login required)

View Item View Item