Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Universitas Gadjah Mada

Sulaiman, Ahmad (2014) Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Universitas Gadjah Mada. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ahmad-sulaiman-11703254028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan di Universitas Gadjah Mada. Studi ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Universitas Gadjah Mada. Subjek penelitian ini adalah Kantor Jaminan Mutu (KJM) UGM. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi langsung, penelusuran dokumen dan arsip, dan wawancara. Observasi langsung dilakukan di KJM UGM. Penelusuran dokumen dan arsip, serta wawancara dilakukan dengan Kepala KJM, Wakil Kepala KJM, Sekretaris KJM, dan Kepala Bidang SPMI KJM. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Kebijakan dan konsep SPMI disusun oleh KJM UGM meliputi definisi penjaminan mutu, siklus implementasi penjaminan mutu, organisasi, sistem dokumentasi, dan sumber daya manusia. (2) Pengorganisasian SPMI dilaksanakan oleh KJM UGM yang bertugas merencanakan dan melaksanakan SPMI secara menyeluruh: membuat perangkat, melaksanaan, memonitor, melakukan auditing dan evaluasi, meningkatkan penjaminan mutu internal, dan melakukan persiapan akreditasi dan sertifikasi. (3) Implementasi SPMI dilaksanakan dengan penyusunan rancangan berupa Siklus SPMI dengan tahapan: penetapan standar, pelaksanaan, monitoring, evaluasi diri, audit mutu internal, rumusan koreksi, dan peningkatan mutu untuk kepuasan stakeholders. (4) Kendala yang dihadapi dalam implementasi SPMI: komitmen pimpinan yang kurang, jumlah tenaga auditor yang masih terbatas, kegiatan SPMI sering terjebak menjadi kegiatan rutinitas yang membuat kebosanan. (5) Langkah yang ditempuh untuk menghadapi kendala implementasi SPMI: menyediakan tenaga yang memang expert di bidang penjaminan mutu, memprogramkan pelatihan auditor baru dan refreshing auditor lama, membangun semangat untuk penjaminan mutu baik di tingkat pimpinan universitas, fakultas, jurusan, dan program studi. (6) Evaluasi Implementasi SPMI dilaksanakan setiap tahun, dengan meminta masukan dari para auditor, pimpinan fakultas, pimpinan program studi, dan pimpinan universitas (7) Pemanfaatan hasil implementasi SPMI secara internal untuk meningkatkan mutu pendidikan, menumbuhkan semangat bekerja lebih baik, serta untuk membangun budaya mutu, dan secara eksternal terkait persiapan menghadapi akreditasi dan sertifikasi baik tingkat nasional maupun internasional. (8) Pengembangan implementasi SPMI mengacu pada sistem manajemen mutu International Organization for Standardization (ISO). Standar BAN PT digunakan sebagai standar minimal pengelolaan program studi dan universitas. UGM akan menerapkan standar minimal yang lebih tinggi yaitu ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi SPMI, peningkatan mutu, stakeholders
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Manajemen
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 29 Dec 2022 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12477

Actions (login required)

View Item View Item