Pengembangan Multimedia Pembelajaran Hukum Agraria pada Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta

Suripno, Suripno (2014) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Hukum Agraria pada Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-suripno.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran hukum agraria yang layak dari aspek materi, aspek tampilan dan respon mahasiswa; 2) mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Produk awal yang dihasilkan, kemudian dilakukan validasi ahli materi dan ahli media. Setelah direvisi, produk diujicobakan kepada mahasiswa melalui tiga tahap, yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Subjek uji coba produk adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari 3 mahasiswa untuk uji coba perorangan, 5 mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 20 mahasiswa untuk uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data ahli materi, data ahli media, tanggapan mahasiswa terhadap daya tarik media, data pre-test dan post-test. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian oleh ahli materi dan ahli media, serta angket untuk subjek uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1) produk multimedia pembelajaran yang memiliki: a) kualitas aspek materi termasuk kriteria baik dengan rata-rata skor 4,10; b) kualitas aspek tampilan termasuk kriteria baik dengan rata-rata skor 4,07; c) respon mahasiswa tentang daya tarik media termasuk kriteria menarik dengan rata-rata skor 3,82. 2) efektivitas penggunaan multimedia pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar, ditunjukkan pada: a) peningkatan rata-rata skor dari 51,50 pada saat pre-test, menjadi 73,75 pada waktu post-test (30,16%); b) peningkatan ketuntasan dari 20 mahasiswa, 5 mahasiswa tuntas (25%) pada saat pre-test menjadi 17 mahasiswa tuntas (85%) pada waktu post-test, terjadi peningkatan ketuntasan 60%. Dengan demikian multimedia untuk pembelajaran Hukum Agraria layak digunakan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 08 May 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12476

Actions (login required)

View Item View Item