Aplikasi Model Component Display Theory (CDT)dalam Pengembangan Multimedia Interaktif Matakuliah Jaringan Komputer

Kuswandari, Eny (2014) Aplikasi Model Component Display Theory (CDT)dalam Pengembangan Multimedia Interaktif Matakuliah Jaringan Komputer. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak -eny-kuswandari.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan produk program pembelajaran multimediainteraktif berbasis CDT yang diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi matakuliah Jaringan Komputer sesuai skill yang diharapkan. (2) Menguji kelayakan media pembelajaran ditinjau dari aspek isi/materi, media dan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan multimedia ini dilakukan melalui tahapan: analisis, desain, pengembangan, evaluasi dan revisi. Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya produk diujicobakan melalui tahap uji coba kelompok kecil dan lapangan.Subyek uji coba produk adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi.Data berupa hasil penilaian melalui kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, serta data kualitatif lainnya.Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif.Saran-saran yang diperoleh digunakan sebagai dasar untuk merevisi produk. Hasil penelitian adalahproduk program pembelajaran multimedia interaktif matakuliah Jaringan Komputer berbasis CDT (Component Display Theory) dalam bentuk CD yang memiliki kelayakan kriteria baik dari aspek isi/materi, media,dan pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil evaluasi ahli materi dan ahli media dan uji lapangan. Dengan skala Likert yaitu dengan pensekoran dari 1 sampai 5,darihasil validasi ahli materi menunjukan rerata 4,15 termasuk kriteria baik, hasil validasi ahli media menunjukkan rerata 3,9 termasuk kriteria baik, hasil evaluasi kelompok kecil menunjukkan rerata 3,8 termasuk kriteria baik dan hasil evaluasi uji lapangan menunjukkan rerata 3,73 termasuk kriteria baik. Berdasarkan rerata penilaian tersebut, maka aplikasi model Component Display Theory (CDT) dalam pengembangan multimedia interaktifyang digunakan dalam penelitian ini memiliki kela

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CDT, pengembangan multimedia interaktif, Jaringan Komputer
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 08 May 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12471

Actions (login required)

View Item View Item