Keefektifan Metode Pembelajaran Inquiry Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Hidrokarbon

Sasongko, Nurdiansah Dwi (2014) Keefektifan Metode Pembelajaran Inquiry Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Hidrokarbon. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurdiansyah-dwi-sasongko-12707251020.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan keefektifan penggunaan metode inquiry dan metode demonstrasi dalam pembelajaran kimia pokok bahasan hidrokarbon terhadap keaktifan belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik MA Al-Falah Jatilawang Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MA Al-Falah Jatilawang pada semester kedua tahun ajaran 2013/2014. Sampel dipilih dua kelas yaitu kelas X1 dan X2 dengan menggunakan teknik simple random sampling. Kelas X1 sebagai kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dan kelas X2 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran inquiry. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik angket dan teknik tes. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan peserta didik. Aspek keaktifan yang diteliti yaitu visual activities, oral activities, listening activities, writing activities, motor activities, mental activities. Teknik angket digunakan untuk mengetahui respons peserta didik terhadap keaktifan belajar yang bertujuan untuk memperkuat hasil observasi. Tes menggunakan soal kognitif pilihan ganda pretest dan posttest yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan hidrokarbon sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji “t” dengan taraf signifikansi 0,05 dan uji gain Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran inquiry dan metode pembelajaran demonstrasi dalam pembelajaran kimia pokok bahasan hidrokarbon terhadap keaktifan belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik MA Al-Falah Jatilawang. Metode pembelajaran inquiry lebih efektif dari pada metode pembelajaran demonstrasi dalam pembelajaran kimia pokok bahasan hidrokarbon terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik MA Al-Falah Jatilawang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Metode Inquiry, Metode Demonstrasi, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 08 May 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12470

Actions (login required)

View Item View Item