Pengembangan Program CAI dalam Pembelajaran PAI Materi Haji dan Umrah untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah

Fuad, Moch (2014) Pengembangan Program CAI dalam Pembelajaran PAI Materi Haji dan Umrah untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-moch-fuad-07707251017.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran melalui prosedur pengembangan media pembelajaran PAI materi Haji dan Umrah dalam program CAI untuk siswa MTs., (2) membuktikan kelayakan media pembelajaran PAI dalam bentuk CD sebagai media pembelajaran dan sumber belajar, (3) membuktikan kontribusi media pembelajaran PAI dalam proses pembelajaran di kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang secara umum dilakukan melalui empat tahapan, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, dan (4) evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 49 siswa kelas IX MTs. Negeri Yogyakarta I. Tiga orang siswa untuk uji coba one on one, 10 orang siswa untuk uji coba sampel kecil, dan 36 orang siswa untuk uji coba program. Instrumen pengumpulan data ialah lembar angket dan angket isian. Lembar angket untuk menilai aspek penampilan dan pemograman produk diberikan kepada ahli media. Sedangkan untuk menilai aspek materi dan aspek pembelajarannya kedua angket tersebut diberikan kepada ahli materi. Lembar angket untuk menanyakan tanggapan siswa tentang aspek tampilan, aspek materi, dan aspek pembelajaran diberikan kepada siswa. Pertanyaan angket aspek pembelajaran menekankan pada kontribusi media pembelajaran PAI dalam proses pembelajaran di kelas. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran PAI yang dikemas dalam sebuah CD dengan software macromedia flash 8 dengan pokok materi Haji dan Umrah untuk siswa MTs.; sedangkan prosedur pengembangannya meliputi: analisis kebutuhan, desain pembelajaran, pengembangan multimedia, evaluasi, produk media pembelajaran, dan uji coba. Media pembelajaran PAI dinyatakan layak berdasarkan validasi kelayakan oleh ahli media dengan skor 3,17; sedangkan validasi oleh ahli materi dikatakan sangat baik dengan skor 3,52; hasil uji coba kepada siswa, mulai dari uji one on one, uji sampel kecil, dan uji sampel besar menunjukkan skor rata-rata 3,41 (85,25%) pada kriteria baik/layak. Media pembelajaran ini memberi sumbangan dalam proses pembelajaran di kelas yaitu siswa merasa mudah mempelajari materi; materi pembelajaran menjadi menarik; memberi umpan balik kepada siswa dan guru , dan memotivasi siswa untuk selalu belajar dengan skor rata-rata 3,37 (84,25%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CAI (computer assisted instruction), pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 08 May 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12468

Actions (login required)

View Item View Item