Pengembangan Multimedia Pembelajaran Dinamika Penduduk pada Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta.

Widyastuti, Mawanti (2014) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Dinamika Penduduk pada Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mawanti-widyastuti-08707254011.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran materi dinamika penduduk yang bersifat interaktif dan menguji kelayakannya ditinjau dari aspek materi, aspek media, aspek tampilan serta respon dari mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Langkah-langkah dalam penelitian ini diawali dengan membuat rancangan product. Setelah disetujui oleh pembimbing, dilakukan pengembangan produk awal, kemudian dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah direvisi dan disetujui pembimbing kemudian dilakukan uji coba perorangan kepada subyek yaitu mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FIS UNY semester tiga sebanyak tiga orang. Selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil sebanyak enam orang, dan uji coba lapangan sebanyak 20 mahasiswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dari ahli materi, data dari ahli media, dan tanggapan mahasiswa terhadap daya tarik media. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: kualitas media ditinjau dari 1) aspek materi meliputi aspek pembelajaran dengan nilai 91 (sangat baik) dan aspek materi/isi nilai 86,20 (sangat baik), 2) aspek media meliputi aspek tampilan dengan nilai 76 (baik), aspek navigasi dengan nilai 80 (baik), aspek pedagogik dengan nilai 80 (baik), 3) respon mahasiswa tentang daya tarik media dengan nilai 85 (sangat menarik). Dengan demikian multimedia untuk pembelajaran dinamika penduduk layak digunakan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia,dinamika penduduk
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Teknik & Teknologi > Komputer
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 08 May 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12467

Actions (login required)

View Item View Item