Pengembangan Multimedia Pembelajaran Mengenal Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini

Putra, Lovandri Dwanda (2014) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Mengenal Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lovandri-dwanda-putra-12707251010.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan produk multimedia pembelajaran Mengenal Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini yang layak ditinjau dari aspek materi, aspek pembelajaran, aspek tampilan dan aspek pemrograman. Multimedia pembelajaran mengenal angka dan huruf ini dirancang menggunakan software Adobe Flash CS3 didukung oleh program Adobe Ilustrator CS3 dan Adobe Photoshop CS3 untuk membuat gambar atau ilustrasi benda-benda dan binatang, serta program Adobe Audition 1.5 untuk merekam dan editing suara sebagai narasi dalam menjelaskan petunjuk dan cara belajar menggunakan program. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia dini dengan rentang usia 3-5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Pringwulung, Yogyakarta dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model William W. Lee dan Diana L. Owens. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: (1) tahap perencanaan, (2) tahap desain dan (3) tahap pengembangan. Proses validasi dilakukan oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Subjek uji coba penelitian ini adalah anak usia dini yang berjumlah 24 anak. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket. Lembar angket digunakan menilai kelayakan produk dan tanggapan anak terhadap produk multimedia yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan: produk multimedia yang dihasilkan adalah multimedia pembelajaran mengenal angka (1-10) dan huruf (A-Z) untuk anak usia dini, produk multimedia yang dihasilkan layak sebagai media pembelajaran mengenal angka dan huruf berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi dengan hasil penilaian sangat baik (4,66), validasi oleh ahli media dengan hasil penilaian sangat baik (5) dan penilaian oleh anak pada uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan uji coba operasional dengan hasil sangat baik, hal ini dibuktikan dengan rerata masing-masing aspek yang dicapai adalah di atas 81%. Hasil penilain oleh anak mencakup aspek kemenarikan, kemudahan dan kejelasan petunjuk materi

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, AnakUsiaDini, AngkadanHuruf
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 08 May 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12466

Actions (login required)

View Item View Item