Pengembangan E-learning Mata Kuliah Aplikasi Komputer 2 di Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Flores

Sara, Kristina (2014) Pengembangan E-learning Mata Kuliah Aplikasi Komputer 2 di Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Flores. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kristina-sara-11707251009.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan e-learning mata kuliah Aplikasi Komputer 2, (2) mengetahui kelayakan e-learning mata kuliah Aplikasi Komputer 2, dan (3) mengetahui keefektifan implementasi e-learning mata kuliah Aplikasi Komputer 2 pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Flores. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, desain, dan pengembangan. Tahap perencanaan meliputi pendefinisian ruang lingkup batasan, mengindentifikasi karakteristik mahasiswa, mengumpulkan sumber-sumber belajar, dan melakukan brainstorming. Tahap desain meliputi analisis konsep materi, dan membuat flowcharts. Tahap pengembangan meliputi membangun e-learning dengan menggunakan LMS moodle, menyiapkan teks, menggabungkan teks dan grafis, menyiapkan materi-materi pendukung, melakukan uji alfa yaitu validasi dari ahli materi, ahli media dan uji beta pada mahasiswa. Setelah itu baru dilakukan uji coba produk kepada 16 mahasiswa dengan melakukan pretest dan posttest pada mahasiswa. Hasil pengembangan e-learning mata kuliah Aplikasi Komputer 2 merupakan pembelajaran online yang dibuat dengan software aplikasi moodle versi 1.9 dengan alamat www.e-uniflor.web.id/elearning. Kualitas e-learning mata kuliah Aplikasi Komputer 2 ini layak digunakan sebagai media pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari hasil uji kelayakan berdasarkan skala 5. Aspek materi termasuk kategori baik dengan rerata skor 4,31, dari ahli media termasuk kategori baik dengan rerata skor 3,46, dan tanggapan dari mahasiswa termasuk kategori sangat baik dengan rerata skor 4,43. Keefektifan pembelajaran Aplikasi Komputer 2 menggunakan e-learning terbukti secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Hasil belajar kognitif mahasiswa menunjukkan rerata: pretest 57,38 dan posttest 85,50, sehingga hasil effect size adalah 28,13. Pencapaian ketuntasan hasil belajar kognitif mahasiswa pada saat pretest 56,25% tuntas dan posttest 100% tuntas. Keefektivan juga dilihat dari hasil tes praktikum sebagai berikut: (a) rerata pretest KD1 70,31 dan posttest KD1 84,06, sehingga effect size adalah 13,75; (b) rerata pretest KD2 55,31 dan posttest KD2 85,31, sehingga effect size adalah 30; dan (c) rerata pretest KD3 53,44 dan posttest KD3 84,06, sehingga effect size adalah 30,62. Persentase ketuntasan hasil belajar mahasiswa dari tes praktikum pada pretest KD1 81,25% tuntas, posttest KD1 100% tuntas, pretest KD2 43,75% tuntas, posttest KD2 100% tuntas, pretest KD3 12,50% tuntas, dan postest KD3 100% tuntas

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan,e-learning
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 09 May 2016 01:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12465

Actions (login required)

View Item View Item