Pengembangan Program Multimedia Pembelajaran Interaktif Belajar Membaca Al-Qur’an Metode Qira’ati di TPQ Raudlotut Thalibin Kembaran, Kebumen, Jawa Tengah

Hambali, Habib (2014) Pengembangan Program Multimedia Pembelajaran Interaktif Belajar Membaca Al-Qur’an Metode Qira’ati di TPQ Raudlotut Thalibin Kembaran, Kebumen, Jawa Tengah. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-habib-hambali.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan program multimedia pembelajaran interaktif untuk memudahkan dan menumbuhkan minat santri dalam belajar membaca Al-Qur’an metode qira’ati yang layak digunakan dalam proses pembelajaran ditinjau dari aspek isi, aspek pembelajaran, aspek tampilan dan aspek pemrograman. Waktu yang dibutuhkan dalam penelitian ini selama 3 bulan dimulai dari bulan Desember 2013 hingga bulan Februari 2014 dan bertempat di TPQ Raudlotut Thalibin Kembaran, Kebumen, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mencakup sembilan langkah kegiatan, yaitu: mengumpulkan informasi dan penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, revisi produk uji coba lapangan utama, uji coba lapangan operasional, revisi produk ujicoba lapangan operasional, dan produk akhir. Subjek coba dalam penelitian ini adalah 33 santri di TPQ Raudlhotut Thalibin Kembaran, Kebumen dengan rincian: tiga santri untuk uji coba lapangan awal, 10 santri untuk uji coba lapangan utama, dan 20 santri untuk uji coba lapangan operasional. Kelayakan produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan angket. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Produk yang dihasilkan adalah program multimedia pembelajaran interaktif belajar membaca Al-Qur’an metode qira’ati yang dikemas dalam bentuk CD. Produk yang dihasilkan layak digunakan untuk pembelajaran berdasarkan validasi dari ahli materi, ahli media, uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, serta uji coba lapangan operasional. Kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi tahap I dengan hasil 4,37 (sangat baik) dan ahli materi tahap II dengan hasil 4,53 (sangat baik), sedangkan untuk kelayakan produk berdasarkan validasi ahli media dengan hasil 4,61 (sangat baik), uji coba lapangan awal dengan hasil 5 (sangat baik), uji coba lapangan utama dengan hasil 4,56 (sangat baik) dan uji coba lapangan operasional dengan hasil 4,84 (sangat baik). (2) Progam multimedia pembelajaran interaktif belajar membaca Al-Qur’an metode qira’ati ini efektif digunakan untuk pembelajaran membaca Al-Qur’an. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis kartu prestasi sebelum dan sesudah menggunakan program multimedia. Berdasarkan kartu prestasi, peningkatan hasil belajar santri sangatlah drastis. Hal ini terlihat dari rerata nilai sebelum menggunakan program multimedia adalah 62,8, sedangkan rerata hasil belajar setelah menggunakan program multimedia adalah 80,2

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 08 May 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12464

Actions (login required)

View Item View Item