Pengembangan Multimedia Pembelajaran Ekonomi Kelas X untuk SMA/MA dengan Materi Permintaan dan Penawaran

Susana, Fitria Endang (2014) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Ekonomi Kelas X untuk SMA/MA dengan Materi Permintaan dan Penawaran. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitria-endang-susana-09707251003.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran ekonomi kelas X SMA/MA dengan materi permintaan dan penawaran; (2) mengetahui kelayakan dan efektivitas multimedia tersebut untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang terdiri atas tiga tahapan, yaitu penyusunan program/konsep, pengembangan produk dan evaluasi. Tahap penyusunan program/konsep merupakan langkah awal memulai pengembangan, yaitu penentuan tujuan pembelajaran, perumusan materi pembelajaran, penentuan strategi pembelajaran, serta mendesain dan merumuskan evaluasi formatif dan menetapkan aplikasi. Langkah kedua adalah pengembangan produk yang meliputi pembuatan desain media (storyboard dan flowchartview), pengumpulan bahan (material collecting), dan assembly atau pengorganisasian bahan ke dalam tampilan. Proses berikutnya adalah evaluasi produk yang terdiri beberapa tahapan yaitu evaluasi ahli materi dan ahli media, ujicoba perorangan (3 siswa), ujicoba kelompok kecil (12 siswa) dan ujicoba lapangan (93 siswa). Data yang diperoleh melalui kuisioner dan observasi untuk menentukan kelayakan multimedia yang dikembangkan, dan data yang diperoleh melalui tes kognitif untuk menentukan efektivitasnya, dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas multimedia pembelajaran ekonomi kelas X dengan materi permintaan dan penawaran tergolong layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa rerata skor aspek pemograman sebesar 4,32 (sangat baik), materi/isi sebesar 4,20 (sangat baik) dan aspek media/tampilan sebesar 4,29 (sangat baik). Berdasarkan hasil ujicoba di lapangan diperoleh rerata skor prestest 43,44 dan posttest 71,18. Hasil analisis pada skor tes kognitif dari 93 siswa peserta ujicoba, yang mencapai KKM sebanyak 66 siswa (73,33%). Dengan demikian media yang dikembangkan cukup efektif meningkatkan hasil belajar ekonomi

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: economics, multimedia
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:57
Last Modified: 08 May 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12463

Actions (login required)

View Item View Item