Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Teks Deskriptif untuk Siswa SMP/MTs

Riana, Erma (2014) Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Teks Deskriptif untuk Siswa SMP/MTs. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erma-riana-12707251017.swf

Download (21B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif bahasa Inggris materi teks dekriptif untuk siswa SMP/MTs, (2) mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas produk multimedia pembelajaran interaktif bahasa Inggris materi teks dekriptif untuk siswa SMP/MTs yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model Borg and Gall dan model desain pembelajaran Dick & Carey yang terdiri dari analisis kebutuhan, desain pembelajaran, pengembangan produk, validasi dan revisi produk. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba produk dilakukan melalui uji coba satu-satu oleh tiga orang siswa, uji coba kelompok kecil oleh sembilan orang siswa, dan uji coba lapangan oleh 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Efektivitas produk dianalisis menggunakan rumus N-gain (hasil belajar yang dinormalisasi). Hasil penelitian menunjukkan: (1) produk yang dihasikan adalah multimedia interaktif yang terdiri dari kompetensi, materi, glossary, evaluasi, dan games, (2) produk yang dikembangkan layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dari nilai aspek pembelajaran memperoleh hasil sangat baik (4.60), aspek isi memperoleh hasil sangat baik (4.64), aspek pemrograman memperoleh hasil baik (4.0), aspek tampilan media memperoleh hasil baik (4.00), hasil uji coba satu-satu memperoleh hasil sangat baik (4.44), hasil uji coba kelompok kecil memperoleh hasil sangat baik (4.40), dan uji coba lapangan memperoleh hasil baik (4.17), (3) peningkatan skor (gain score) rata-rata seluruh siswa dari hasil pretest dan post-test sebesar 0.72 (N-gain ≥ 0.7). Hal ini berarti efektivitas pengembangan produk termasuk kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan multimedia, pembelajaran bahasa Inggris
Subjects: Teknik & Teknologi > Komputer
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:57
Last Modified: 08 May 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12462

Actions (login required)

View Item View Item