Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi, Kreativitas dan Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Kelas V SDN Nomporejo Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo

Pradipta, Anangga Widya (2014) Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi, Kreativitas dan Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Kelas V SDN Nomporejo Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-anangga-widya-pradipta.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, kreativitas, dan pemahaman konsep ilmu pengetahuan peserta didik melalui implementasi model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup 4 langkah kegiatan dalam 1 siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian yaitu peserta didik dan guru kelas V SD Negeri Nomporejo pada semester kedua tahun ajaran 2012/2013. Seluruh peserta didik diberi tindakan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, skala motivasi dan tes. Teknik wawancara digunakan pada studi pendahuluan. Skala motivasi digunakan untuk mengetahui motivasi peserta didik. Aspek motivasi meliputi aspek instrinsik motivasi dan aspek ekstrinsik motivasi. Teknik observasi untuk mengetahui kreativitas peserta didik. Aspek kreativitas peserta didik meliputi kelancaran, keluwesan, keaslian, elaborasi dan keterampilan menilai. Tes digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep ilmu pengetahuan alam pokok bahasan pengetahuan tanah, air dan alam sekitar serta peristiwa alam beserta dampaknya. Aspek pemahaman konsep terdiri dari menafsirkan, memberi contoh, mengklasifikasikan, meringkas, menarik inferensi, membandingkan, dan menjelaskan. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kemudian dimaknai dengan kalimat secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan: (1) motivasi, (2) kreativitas, dan (3) pemahaman konsep peserta didik Kelas V SD Negeri Nomporejo hingga kriteria sangat baik pada siklus III. Aspek motivasi peserta didik meningkat dari rata-rata skor pra-tindakan sebesar 106,25 menjadi 157,95. Aspek kreativitas peserta didik meningkat dari rata-rata skor pra-tindakan 24,25 menjadi 42,6. Aspek pemahaman konsep peserta didik meningkat dari rata-rata skor pra-tindakan 16,5 menjadi 23,65.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah, motivasi, kreativita pemahaman konsep
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 08 May 2019 15:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12458

Actions (login required)

View Item View Item