Asra, A. Andriyani (2014) Pengaruh Kemampuan Membaca, Penguasaan Kosakata, dan Pemahaman Tata Bahasa terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-a-andriyani-asra- 12706251002.swf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki empat tujuan. Pertama, mengetahui pengaruh kemampuan membaca, penguasaan kosakata, dan pemahaman tata bahasa secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba. Kedua, mengetahui pengaruh kemampuan membaca terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba. Ketiga, mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba. Keempat, mengetahui pengaruh pemahaman tata bahasa terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto, dengan melibatkan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Kemampuan membaca sebagai Variabel Bebas I (X1), penguasaan kosakata sebagai Variabel Bebas II (X2), dan pemahaman tata bahasa sebagai Variabel Bebas III (X3). Kemampuan menulis narasi sebagai variabel terikat (Y). Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba yang telah menerapkan Kurikulum 2013. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Instrumen penelitian adalah satu angket dan tiga tes. Data dianalisis dengan teknik statistik Regresi Ganda yang diteruskan dengan Regresi Parsial. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Kemampuan membaca, penguasaan kosakata, dan pemahaman tata bahasa secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan menulis narasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi ganda yaitu Fhitung = 24,475 dan nilai signifikansi kurang dari α (0,000 < 0,05). Sebanyak 31,5% variansi kemampuan menulis narasi ditentukan oleh kemampuan membaca, penguasaan kosakata, dan pemahaman tata bahasa. (2) Kemampuan membaca berpengaruh terhadap kemampuan menulis narasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi parsial yaitu thitung = 4,481 dan nilai signifikansi = 0,000 < α = 0,05. (3) Penguasaan kosakata berpengaruh terhadap kemampuan menulis narasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi parsial yaitu thitung = 3.022 dan nilai signifikansi = 0,003 < α = 0,05. (4) Pemahaman tata bahasa tidak berpengaruh terhadap kemampuan menulis narasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi parsial yaitu thitung = 1,113 dan nilai signifikansi = 0,267 > α = 0,05.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan membaca, penguasaan kosakata, pemahaman tata bahasa, kemampuan menulis narasi |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 04 Mar 2015 18:55 |
Last Modified: | 08 May 2019 15:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12457 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |