Pengaruh Minat dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Negeri di Kabupaten Demak

Sutopo, Sutopo (2014) Pengaruh Minat dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Negeri di Kabupaten Demak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sutopo-12706259011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMP Negeri di Kabupaten Demak, (2) hubungan minat dan hasil belajar bahasa Indonesia, dan (3) hubungan fasilitas belajar dan hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian ex- post facto, dengan minat sebagai variabel bebas satu (X1), fasilitas belajar sebagai variabel bebas dua (X2), dan hasil belajar bahasa Indonesia sebagai variabel terikat (Y). Penentuan sampel menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tentang minat dan fasilitas belajar. Hasil belajar diambil dari dokumen nilai murni ulangan akhir semester genap kelas VIII. Validitas konstruk instrumen angket diuji dengan Analisis Faktor yang menghasilkan nilai KMO dan MSA variabel minat sebesar 0,716 dan 0,513 untuk variabel fasilitas belajar. Relibilitas instrumen angket diuji dengan Alpha Cronbach dengan nilai r sebesar 0,876 untuk angket minat dan r sebesar 0,698 untuk angket fasilitas belajar. Dengan demikian, kedua angket dinyatakan reliabel. Data penelitian dianalisis dengan teknik Regresi Ganda yang diteruskan dengan Korelasi Parsial. Hasil uji Regresi Ganda menunjukkan bahwa minat dan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia (F = 46,760 sig. dengan p < 0,05). Sebanyak 19,6% variansi hasil belajar bahasa Indonesia ditentukan oleh minat dan fasilitas belajar. Hasil uji korelasi parsial menunjukkan bahwa minat berkorelasi dengan hasil belajar bahasa Indonesia (r = 0, 239 sig. p < 0,05). Fasilitas belajar berkorelasi terhadap hasil belajar bahasa Indonesia (r = 0,316 sig. p < 0,05). Peran fasilitas belajar terhadap hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan peran minat terhadap hasil belajar. Nilai standardized coefficient beta fasilitas belajar sebesar 0,314 sedangkan minat sebesar 0,233.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: minat, fasilitas belajar, hasil belajar bahasa Indonesia
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Mar 2015 18:55
Last Modified: 24 Nov 2022 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12451

Actions (login required)

View Item View Item