The Needs-Based English Speaking Materials for the VIII Grade Students of Junior High School

Sumaryani, Sumaryani (2014) The Needs-Based English Speaking Materials for the VIII Grade Students of Junior High School. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sumaryani-10706259006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan produk yang terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah materi pelajaran berbicra bahasa Inggris yang berdasarkan atas kebutuhan untuk murid kelas VIII sekolah menengah pertama yang dinamai student’s hand-outs. Bagian kedua adalah uraian cara menggunakan materi tersebut untuk guru kelas VIII, yang dinamai teacher’s guides. Semua produk pengembangan itu diciptakan dalam prosedur lima langkah: (1) riset awal untuk analisis kebutuhan, (2) pengembangan produk, (3) validasi & revisi, (4) test-lapangan & revisi, (5) produk final. Produk-produk tersebut telah diuji-lapangankan pada siswa-siswi kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta untuk mengetahui apakah produk tersebut telah memenuhi kriteria kelayakan sesuai teori yang dikemukakan oleh Nieveen, yaitu: valid, praktis, dan effektif. Uji lapangan tersebut dibagi menjadi tiga fase, yaitu fase pre-uji lapangan untuk validasi, fase uji lapangan sampel dan uji lapangan sungguhan untuk kepraktisan dan keefektifan produk. Data dikumpulkan melalui observasi kelas (diganti dengan mengajar suka rela), angket kepada siswa/murid, wawancara dengan guru dan murid, lembar evaluasi oleh ahli dan guru bahasa Inggris, THB akhir, dan foto. Data hampir secara keseluruhan dianalisa secara qualitatif, melalui reduksi dan tampilan data, serta kesimpulan. Beberapa data dianalisa dengan cara mengkonversikan data qualitative skala lima. Sisanya dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan operasi matematika sederhana. Hasil penelitian menujukkan bahwa materi berbicara bahasa Inggris yang berdasarkan kebutuhan untuk siswa kelas VIII sekolah menengah pertama tersebut telah memenuhi kriteia sebagai produk yang layak dalam hal validitas, kepraktisan dan keefektifan. Katagori valid yang diperoleh dari lembar evaluasi oleh ahli adalah 4.15 (katagori valid berkisar antara interval <3.40 sampai ≤ 4.21). Katagori praktis dan effektif diperoleh di sekolah selama proses uji lapangan. Katagori praktis yang dikumpulkan dari hasil lembar evaluasi oleh guru adalah 4.39 serta ditunjang dengan hasil wawancara dengan guru bahasa Inggris dan siswa/siswi yang menunjukkan peryataan kepraktisan tentang produk tersebut. Sedangkan katagori effektif yang diperoleh dari hasil wawancara dengan guru dan siswa/siswi menunjukan pernyataan keeffektifan tentang produk pengembangan tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Mar 2015 18:55
Last Modified: 23 Nov 2022 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12444

Actions (login required)

View Item View Item