Peningkatan Minat Baca melalui Kegiatan Membaca Ekstensif Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014

Juwariyah, Sri (2014) Peningkatan Minat Baca melalui Kegiatan Membaca Ekstensif Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-juwariyah-12706259047.swf

Download (11MB)

Abstract

Minat baca siswa kelas IX SMP Negeri 5 Klaten pada umumnya masih rendah, karena siswa baru membaca buku-buku jika mendapatkan tugas dari guru. Siswa jarang memanfaatkan waktu luang untuk membaca dan mengunjungi perpustakaan untuk meminjam buku apalagi membacanya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui minat baca siswa, dan (2) meningkatkan minat baca siswa kelas IX SMP Negeri 5 Klaten dengan kegiatan membaca cerpen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini mengambil tempat di SMP Negeri 5 Klaten Kabupaten Klaten pada semester gasal tahun pelajaran 2013/2014. Tempat itu dipilih karena minat baca siswa-siswanya rata-rata rendah. Pelaksanaan penelitian dimulai bulan Agustus sampai dengan Oktober 2013. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX B, yang berjumlah 30 orang, yang terdiri dari 20 siswa perempuan, dan 10 siswa laki-laki. Tindakan yang dilaksanakan adalah membaca ekstensif cerpen dan memberi tugas untuk membuat sinopsis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan wawancara. Angket digunakan untuk mengetahui seberapa tinggi minat baca siswa. Observasi dilakukan untuk mengamati secara langsung aktivitas perilaku yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan minat baca siswa di kelas. Wawancara pada penelitian ini untuk mendapatkan informasi, baik dari pengajar maupun siswa tentang motivasi, serta kesenangan membaca untuk meningkatkan minat baca. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan. Data kuantitatif dianalisis dengan cara membandingkan hasil angket minat baca dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan peningkatan minat baca pada siswa kelas IX B SMP Negeri 5 Klaten dari siklus ke siklus berikutnya. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya kategori baik pada siklus I sebesar 3,333%, pada siklus II menjadi 30%, dan siklus III mencapai 80% dari jumlah siswa yang diteliti.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: minat baca, membaca ekstensif cerpen
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Mar 2015 18:55
Last Modified: 08 May 2019 15:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12439

Actions (login required)

View Item View Item