Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Kabupaten Melawi

Slamet, Slamet (2014) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Kabupaten Melawi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-slamet-12706259046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal berikut. Pertama, pengaruh pola asuh orang tua dan motivasi belajar bahasa Indonesia terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia. Kedua, hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar bahasa Indonesia. Ketiga, hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Melawi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain ex-postfacto. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Melawi dengan sampel sebanyak 330 siswa ditentukan berdasarkan formula Issac dan Michael. Sampel tersebut ditentukan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Pengumpulan data pola asuh orang tua dan motivasi belajar Bahasa Indonesia dilakukan dengan angket, sedangkan prestasi belajar bahasa Indonesia diperoleh melalui nilai murni hasil ulangan semester II tahun 2013. Validitas angket yang digunakan telah dievaluasi kelayakannya dengan analisis faktor dan reliabilitas dengan teknik Alpha Cronbach. Untuk mengetahui pengaruh kedua variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan analisis Regresi Ganda (uji F). Untuk mengetahui hubungan tiap-tiap variabel bebas dengan variabel terikat digunakan korelasi parsial. Analisis dilakukan pada taraf siginifikansi 5%. Hasil pengujian Regresi Ganda berupa pengaruh secara bersama variabel pola asuh orang tua dan motivasi belajar bahasa Indonesia terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia mendapatkan Fhit.= 19,573, dengan p ≤ 0,05 yang berarti signifikan. Hasil pengujian korelasi parsial berupa hubungan variabel pola asuh orang tua dengan prestasi belajar bahasa Indonesia mendapatkan koefesien β = 0,304, r = 0,289, dengan p ≤ 0,05 yang berarti signifikan. Hasil pengujian korelasi parsial berupa hubungan variabel motivasi belajar bahasa Indonesia dengan prestasi belajar bahasa Indonesia mendapatkan koefesien β = 0,167, r = 0,141, dengan p ≤ 0,05 yang berarti signifikan. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa, kedua variabel yaitu pola asuh orang tua dan motivasi belajar bahasa Indonesia berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia. Kedua variabel tersebut juga berpengaruh signifikan secara parsial. Hasil tersebut juga membuktikan bahwa pengaruh pola asuh orang tua lebih besar jika dibanding dengan motivasi belajar bahasa Indonesia terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Melawi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua, motivasi belajar, dan prestasi belajar bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 23 Nov 2022 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12431

Actions (login required)

View Item View Item