Nilai-Nilai Islami Cerita Anak pada Majalah Anak TK

Ardianto, Shidiq (2014) Nilai-Nilai Islami Cerita Anak pada Majalah Anak TK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-shidiq-ardianto-12706251001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Ketiga tujuan tersebut, yaitu untuk mendeskripsikan (1) nilai islami yang terkandung dalam cerita, (2) teknik penyampaian nilai islami, dan (3) relevansi gambar dengan isi cerita. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berupa cerita anak pada majalah anak yang digunakan oleh TK di Kabupaten Magelang. Populasi penelitian adalah semua cerita pada majalah anak yang digunakan oleh TK di Kabupaten Magelang. Sementara itu, penyampelan diberlakukan untuk majalah anak yang digunakan dan untuk cerita yang termuat di dalamnya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Fokus kajian dalam penelitian ini menyangkut tiga hal pokok, yaitu nilai islami, teknik penyampaian nilai islami, dan relevansi gambar dengan isi cerita. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik membaca dan teknik mencatat. Validitas data menggunakan validitas semantik, yaitu dengan cara menafsirkan dan mempertimbangkan makna secara keseluruhan dalam cerita dengan konteksnya. Selain hal itu, untuk validitas data dalam penelitian ini dilakukan juga konsultasi kepada ahli dalam bidang sastra anak (expert judgment). Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, nilai islami pada cerita sangat beragam. Substansi nilai yang ada di dalamnya berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan makhluk lain, dan hubungan manusia dengan diri sendiri. Kedua, teknik penyampaian dengan gaya tidak langsung lebih sering digunakan oleh pengarang dibandingkan teknik langsung. Dalam hal ini, penyampaian nilai islami melalui tindakan tokoh menempati urutan pertama kemudian diikuti dialog antartokoh dan terakhir melalui watak tokoh. Ketiga, keberadaan gambar pada cerita anak yang berwujud komik dan narasi merangsang anak TK untuk mengapresiasi sesuai dengan pengalaman masing-masing. Keberadaan gambar merangsang imajinasi dan fantasi anak TK. Dengan demikian, gambar tersebut dapat dikatakan relevan dengan tingkat kognitif anak TK.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: cerita anak, nilai islami, teknik penyampaian, relevansi gambar
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 15 Nov 2022 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12430

Actions (login required)

View Item View Item