PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR JURUSAN BANGUNAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Maryono, Peter (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR JURUSAN BANGUNAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_BERBASIS_KOMPUTER_MATA_PELAJARAN_GAMBAR_TEKNIK_DASAR_BANGUNAN_DI_SMK_NEGERI_3_YOGYAKARTA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran gambar teknik dasar pada mata pelajaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga membantu pengajar dalam menyampaikan materi pelajaran. Media pembelajaran yang dibuat ini dibuat dengan mengkombinasikan macam macam obyek multimedia, yaitu teks, gambar, animasi, audio, video, dan tombol interaktif, selain itu juga untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran ini. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Yogyakarta Jurusan Teknik Gambar Bangunan. Merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development). Obyek penelitian adalah media pembelajaran Gambar Teknik Dasar. Tahap penelitian meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) pembuatan produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba pemakaian, (7) revisi produk, (8) produksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket yang dianalisis secara deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2010-2011, dengan sampel siswa kelas X Gambar Bangunan 1 dan kelas X Gambar Bangunan 3. Hasil penelitian ini adalah Media Pembelajaran Gambar Teknik Dasar, dengan persentase kelayakan (1) penilaian dari pengguna guru SMK Negeri 3 Yogyakarta mencapai 81,00% dengan kategori sangat layak, (2) penilaian dari pengguna siswa kelas X Gambar Bangunan1 dan X Gambar Bangunan 3, Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta mencapai 79,67% dengan kategori sangat layak, (3) Terdapat perbedaan antara hasil belajar dengan rata-rata setiap siswa meningkat 14,7 dari sebelum menggunakan media sebesar 60,72 dan setelah menggunakan media 75,41 menggunakan skala nilai 100. Kesimpulan: Media Pembelajaran Gambar Teknik Dasar sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan terdapat peningkatan hasil belajar bagi siswa yang menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran Gambar Teknik Dasar di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Kata kunci: media pembelajaran, berbasis komputer, gambar teknik dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2012 02:39
Last Modified: 29 Jan 2019 14:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1243

Actions (login required)

View Item View Item