Supardiyono, - (2009) IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7
|
Text
106_Pend_Fis_Supardiyono2.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, guru dalam kegiatan belajar mengajar hendaknya melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Salah satu cara yang digunakan untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran adalah dengan menerapkan metode eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi metode eksperimen dalam pembelajaran fisika terhadap ketrampilan proses sains siswa pada materi pembiasan cahaya di SMP. Hal ini dilatar belakangi oleh minimnya kegiatan belajar mengajar yang memanfaatkan sarana laboratorium sehingga berdampak ketuntasan belajar siswa dalam pelajaran fisika rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pada hasil analisis kinerja keterampilan proses sains, persentase rata-rata kemampuan proses sains berkategori baik dan sangat baik yang dimiliki siswa pada eksperimen I sebesar 51,03 %, eksperimen II sebesar 68,72 % dan pada eksperimen III sebesar 80,26 %. Maka dapat disimpulkan bahwa selama pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen kinerja keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode eksperimen, Ketuntasan belajar, Keterampilan proses sains |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 04 Mar 2015 02:24 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 00:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12426 |
Actions (login required)
View Item |