Ahmad, Abu Hamid (2009) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA REGULER DAN NON REGULER DALAM PERKULIAHAN KAJIAN FISIKA SEKOLAH YANG MENERAPKAN PENDEKATAN GENERIK DAN METODE IQRA. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7
|
Text
101_Pend_Fis_Ahmad_Abu_Hamid.pdf Download (245kB) | Preview |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujun untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mahasiswa reguler dan non reguler dalam perkuliahan Kajian Fisika Sekolah yang menerapkan Pendekatan Generik dan Metode IQRA’. Prestasi belajar mahasiswa dibagi menjadi empat ranah, yaitu: ranah kognitif, afektif, psikomotorik, serta ranah iman dan taqwa. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa jurusan pendidikan fisika yang menempuh matakuliah Kajian Fisika Sekolah pada semester genap tahun akademik 2007/2008. Populasi sebanyak 95 mahasiswa terdiri dari kelas reguler (kelas A) sebanyak 50 mahasiswa dan kelas non reguler (kelas C) sebanyak 45 mahasiswa. Sampel diambil secara acak dengan metode Cochran dan diperoleh jumlah sampel 76 mahasiswa yang dibagi menjadi 40 mahasiswa kelas reguler dan 36 mahasiswa kelas non reguler. Data prestasi belajar pada ranah kognitif serta ranah iman dan taqwa diambil dengan pretes dan postes. Prestasi belajar pada ranah afektif dan psikomotorik diambil pada saat mahasiswa melaksanakan praktikum dengan menggunakan lembar observasi kegiatan mahasiswa (LOKM). Sedangkan data pada ranah kognitif lainnya, yaitu: aspek konseptualisasi, pemahaman konsep, dan aplikasi konsep diambil dari laporan praktikum mahasiswa. Data prestasi belajar pada ranah kognitif serta ranah iman dan taqwa dicari peningkatan rata-ratanya (gain rata-ratanya) untuk kelas reguler dan non reguler dan kemudian diuji beda dengan t-test. Prestasi belajar pada ranah kognitif lainnya yang terdiri dari aspek konseptualisasi, pemahaman konsep, dan aplikasi konsep, serta ranah afektif dan psikomotorik untuk kelas reguler dan non reguler dicari reratanya, kemudian diuji beda dengan t-test. Temuan yang diperoleh adalah: tidak ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa dalam ranah kognitif, afektif, psikomotorik, serta iman dan taqwa di kelas reguler dan non reguler pada perkuliahan Kajian Fisika Sekolah yang menerapkan Pendekatan Generik dan Metode IQRA’. Disarankan kepada stake holders yang terkait untuk menggunakan Pendekatan Generik dan Metode IQRA’ dalam pembelajaran fisika pada kelas-kelas yang secara teoritis mempunyai perbedaan prestasi belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Generik, Metode IQRA’, dan Prestasi Belajar. |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 04 Mar 2015 02:24 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 00:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12411 |
Actions (login required)
View Item |