Novitasari Kusdinar (2012) PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA DI KELAS XI IPA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL SMA NEGERI 1 BANJAR PATROMAN JAWA BARAT. S1 thesis, UNY.
|
Text
Novitasari-07201244014.pdf Download (21MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran apresiasi drama di kelas XI IPA RSBI Tahun Ajaran 2010/2011 SMA Negeri 1 Banjar Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu seorang guru pengampu bahasa Indonesia dan siswa kelas XI IPA RSBI SMA Negeri 1 Banjar khususnya XI IPA 2 yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data utama penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dihimpun melalui observasi partisipatif dan wawancara mendalam dengan narasumber, yaitu guru pengampu bahasa Indonesia dan para siswa kelas XI IPA RSBI SMA Negeri 1 Banjar. Data sekunder diperoleh dari silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru dan produk hasil karya siswa. Pengecekan kebenaran data dalam penelitian ini dilakukan dengan (1) perpanjangan waktu penelitian, (2) trianggulasi, (3) meminta subjek penelitian, yaitu guru dan siswa kelas XI IPA RSBI untuk membaca draftpenelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran apresiasi drama di kelas XI IPA RSBI SMA Negeri 1 Banjar Patroman Jawa Barat telah berjalan secara optimal, yaitu pertama, guru memiliki ciri khas tersendiri yaitu terus mengadakan inovasi-inovasi baru dalam setiap pembelajaran seperti mendukung siswa dalam menyalurkan kreativitasnya. Kedua, siswa telah menguasai kemampuan mengapresiasi drama, yaitu mampu memerankan tokoh dalam drama, mampu memahami masing-masing karakter tokoh, serta mampu menulis naskah drama dan mengekpresikan naskah drama yang divisualisasikan menjadi film pendek dalam bentuk CD. Ketiga, tujuan pembelajaran merujuk pada ketercapaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar serta menekankan pada pengalaman yang dapat dipetik oleh siswa. Keempat, materi pembelajaran berasal dari buku teks dan bahan apresiasi langsung seperti naskah drama dan rekaman pementasan drama. Kelima, metode pembelajaran yang diterapkan variatif antara lain ceramah, tanya jawab, diskusi, demontrasi, dan penugasan. Keemam, media pembelajaran yang digunakan bervariasi, yakni media cetak dan elektronik seperti naskah drama dan CD rekaman drama. Ketujuh, evaluasi yang dilakukan yaitu evaluasi lisan dan tulisan serta evaluasi yang dilakukan mencakup tiga ranah yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Virga FBS |
Date Deposited: | 29 Jun 2012 02:06 |
Last Modified: | 01 Feb 2019 01:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1241 |
Actions (login required)
View Item |