EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA

Crys, Fajar Partana and Lis, Permana Sari and Sukisman, Purtadi (2009) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
42. Crys Fajar 2(333 -338).pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Salah satu metode pembelajaran yang saat ini sedang dikembangkan di negaranegara maju adalah metode pembelajaran kooperatif, yaitu suatu metode yang mendesain peserta didik bekerja dalam kelompok secara kooperatif untuk menyelesaikan materi belajarnya. Ada lima tipe metode pembelajaran kooperatif yaitu: 1) Student Teams Achievement Division (STAD), 2) Teams Game Tournament (TGT), 3) Jigsaw, 4) Team Accelerated Instruction (TA), dan 5). Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Salah satu tipe metode ini, yaitu tipe STAD akan dilihat efektivitasnya pada pembelajaran kimia di SMA Efektivitas metode kooperatif diuji coba dengan menerapkan metode kooperatif tipe STAD pada mata pelajaranKimia di SMA untuk Kelas X dan Kelas XI. Metode Kooperatif tersebt diterapkan pada dua Sekolah yag berbeda. Kelas X di SMAN Sewon Bantul, sedangkan Kelas XI di SMAN 9 Yogyakarta. Masing-masing sekolah diambil dua kelas, satu sebagai kelas eksperimen yang satu sebagai kelas kontrol. Hasil uji coba setelah dibandingkan dengan kelas kontrol menunjukkan bahwa metode Kooperatitif tipe STAD memberikan hasil cukup efektif jika diterapkan pada mata pelajaran Kimia baik untuk peserta didik kelas X maupun kelas XI SMA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode kooperatif jigsaw, STAD, efektivitas
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 04 Mar 2015 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12407

Actions (login required)

View Item View Item