PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET SEBAGAI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR 2

Crys, Fajar Partana (2009) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET SEBAGAI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR 2. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
41. Kim Crys f(325 - 332).pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa dengan pembelajaran berbasis internet sebagai penerapan problem based learning (PBL) pada mata kuliah kimia dasar 2 ditinjau dari motivasi, kemampuan berfikir kompleks dan pemrosesan informasi, 2) tanggapan mahasiswa pada pembelajaran berbasis internet sebagai penerapan problem based learning (PBL) pada mata kuliah kimia dasar 2. Sejalan dengan tujuan di atas, penelitian ini didesain sebagai penelitian tindakan kelas yang dikenakan pada mahasiswa peserta perkuliahan Kimia Dasar 2. Data berupa nilai pemahaman konsep kimia, kemampuan berfikir kompleks dan pemrosesan informasi serta tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Data motivasi dan kemampuan berfikir kompleks dan pemrosesan informasi dikumpulkan melalui observasi objek, dan pemberian angket. Data sikap mahasiswa diambil dengan menggunakan angket. Semua data dianalisis secara deskriptip Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kualitas pembelajaran Kimia dengan menggunakan pembelajaran berbasis internet sebagai penerapan PBL dapat dilihat dari dua hal. Kemampuan berfikir kompleks dan pemrosesan informasi mahasiswa dengan mengguakan metode ini termasuk dalam criteria baik. Motivasi belajar Kimia secara umum dapat ditingkatkan, 2) ada 23 (46,94%) mahasiswa yang dengan tegas menyatakan menyukai metode ini dan 2 (4,08%)mahasiswa menyatakan tidak menyukai model ini, meskipun tidak memberi pernyataan tegas, ada 16 (32,65%) orang yang memberi pernyataan positip dan 8 (16,33%) orang memberi pernyataan negatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PBL, kualitas hasil belajar, Kimia Dasar 2
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 04 Mar 2015 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12405

Actions (login required)

View Item View Item