IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI IPBA DI SMA DENGAN MENGGUNAKAN CRI (CERTAINLY OF RESPONS INDEX) DALAM UPAYA PERBAIKAN URUTAN PEMBERIAN MATERI IPBA PADA KTSP

Winny, Liliawati and Taufik, Ramlan Ramalis (2009) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI IPBA DI SMA DENGAN MENGGUNAKAN CRI (CERTAINLY OF RESPONS INDEX) DALAM UPAYA PERBAIKAN URUTAN PEMBERIAN MATERI IPBA PADA KTSP. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
096_Pend_Fis_Winny.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi materi IPBA di SMA dengan menggunakan CRI (Certainly Of Response Index). Pemberian materi IPBA di SMA mengalami perubahan yang semula diberikan di mata pelajaran fisika pada kurikulum 2004 ke mata pelajaran Geografi pada kurikulum 2006 (KTSP). Materi IPBA dalam kurikulum 2004 terintergrasi pada mata pelajaran Fisika dan Geografi. Materi kebumian masuk ke dalam pelajaran Geografi yang diberikan di kelas X dengan porsi 55,55% dari keseluruhan materi pokok yang diberikan dikelas X, sedangkan untuk materi astronomi terintegrasi ke dalam mata pelajaran fisika, mendapatkan porsi dua bab dari 28 bab materi fisika yang diberikan di SMA. Pada kurikulum 2006 materi IPBA dalam pelajaran geografi mendapat porsi 27,78% untuk program IPS dan 31.25% untuk program IPAObjek penelitian ini adalah seratus orang siswa SMA kelas XI yang tersebar di tiga sekolah di Bandung Jawa Barat secara random. Sebagai alat pengumpul data digunakan instrumen penelitian berupa tes diagnostik dengan bentuk pilihan ganda. Dalam menjawab soal selain diminta untuk memilih jawaban, para siswa juga diminta untuk membubuhkan nilai CRI (0-5) yang besarnya sesuai dengan tingkat kepercayaannya dalam menjawab soal-soal tersebut. Seorang siswa dapat dinyatakan mengalami miskonsepsi atau tidak tahu konsep dengan cara membandingkan benar tidaknya jawaban pertanyaan yang diberikan dengan nilai CRI yang diisi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan CRI dapat dengan mudah dibedakan siswa yang mengetahui konsep dengan baik, mengalami miskonsepsi, maupun yang sama sekali tidak tahu konsep. Dari keseluruhan konsep-konsep materi IPBA, cenderung banyak siswa yang mengalami miskonsepsi dan tidak tahu konsep mengenai materi IPBA dibanding dengan yang tahu konsep.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Certainly of Respon Index (CRI), IPBA, KTSP
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:25
Last Modified: 06 Mar 2019 00:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12401

Actions (login required)

View Item View Item