Hainur, Rasid Achmadi (2009) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI PENDEKATAN BUZZ GROUP TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR MAHASISWA JURUSAN FISIKA 2007 PADA MATERI PEMBIASAN CAHAYA MATAKULIAH FISDAS II. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7
|
Text
095_Pend_Fis_Hainur2.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Upaya untuk meningkatkan keaktifan mahamahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan menggunakan suatu metode pembelajaran yang tepat untuk suatu materi pembelajaran. Pembelajaran diskusi merupakan model yang dapat mengembangkan keterampilan komunikasi dan proses interaksi antar mahasiswa. Buzz group merupakan salah satu pendekatan yang dapat diterapkan dalam diskusi untuk mengembangkan partisipasi mahasiswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan ketuntasan belajar mahasiswa manakah yang lebih baik antara mahamahasiswa yang diajar menggunakan pendekatan buzz group model pembelajaran diskusi dengan mahasiswa yang diajar tanpa menggunakan pendekatan buzz group model pembelajaran diskusi. Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan rancangan penelitian control group pre test post test design. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan subyek penelitian mahasiswa jurusan fisika 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ketuntasan belajar mahasiswa yang diajar menggunakan pendekatan buzz group model pembelajaran diskusi lebih baik daripada ketuntasan belajar mahasiswa yang diajar tanpa menggunakan endekatan buzz group model pembelajaran diskusi. Pada kelas yang diajar dengan model diskusi pendekatan buzz group secara klasikal dapat dinyatakan tuntas dengan prosentase 86%. Sedangkan pada kelas yang diajar tanpa pendekatan buzz group model diskusi prosentase mahasiswa yang tuntas sebesar 73%. Dengan demikian, dosen dapat menggunakan model pembelajaran diskusi pendekatan buzz group sebagai salah satu cara untuk meningkatkan ketuntasan belajar mahasiswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Buzz Group. |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 04 Mar 2015 02:24 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 00:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12399 |
Actions (login required)
View Item |