UPAYAPENINGKATANKEMAMPUANMENULISLAPORANKEGIATAN DENGAN TEKNIK LINGKARAN KECIL LINGKARAN BESAR PADA SISWA KELAS vm SMP NEGERI 3 GODEAN

Muna Maulivia (2012) UPAYAPENINGKATANKEMAMPUANMENULISLAPORANKEGIATAN DENGAN TEKNIK LINGKARAN KECIL LINGKARAN BESAR PADA SISWA KELAS vm SMP NEGERI 3 GODEAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
MUNA_MAULIVIA.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis laporan kegiatan dengan teknik lingkaran keeil lingkaran besar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Godean. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas vIlle SMP Negeri 3 Godean yang betjumlah 31 siswa. Model yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (pTK). Prosedur pelaksanaan tindakan penelitian ada empat tahap yaitu, pereneanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dengan menggunakan angket, observasi, eatatan lapangan, tes, dan wawaneara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan ditentukan berdasarkan proses dan produk. HasH penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, penggunaan teknik lingkaran kedl lingkaran besar mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis laporan kegiatan. Siklus I, siswa dikenai tindakan dengan teknik lingkaran keeil lingkaran besar, kelompok berjumlah 10 siswa terdiri atas 5 siswa lingkaran keeil dan 5 siswa lingkaran besar. Materi diskusi pada sikJus I tentang HUT sekolah. Situasi kegiatan siklus I, siswa hanya semangat saat berdiskusi. Sebagian siswa memperhatikan guru dalam proses pembelajaran. Aspek keaktifan, siswa aktif menyampaikan pertanyaan, pendapat, dan tanggapan. Siswa jelas dengan penyampaian materi dan melaksanakan apa yang ditugaskan kepada mereka. Pembelajaran menulis laporan kegiatan menjadi lebih baik namun perlu ditingkatkan pada tindakan selanjutnya karena belum meneapai kriteria keberhasilan. Siklus II, siswa dikenai tindakan dengan teknik lingkaran kedl lingkaran besar, kelompok berjumlah 8 siswa terdiri atas 4 siswa lingkaran kecil dan 4 siswa lingkaran besar. Materi diskusi pada siklus II tentang kegiatan Ramadhan. Situasi kegiatan siklus II, siswa semakin aktif berdiskusi dengan ternan dan aktif bertanya kepada guru. Siswa juga lebih semangat da!am mengikuti pelajaran dan lebih senang dalam menulis laporan kegiatan. Siswa tampak lebih percaya diri dan lancar dalam menulis laporan kegiatan. Perhatian siswa terhadap pembelajaran meningkat sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Kedua, pembelajaran teknik lingkaran keeil lingkaran besar ini dapat meningkatkan kemampuan menulis laporan kegiatan. Hal ini terlihat dari skor rata-rata menulis laporan kegiatan sebelum dikenai tindakan adalah 61,95, setelah dikenai tindakan pada akhir siklllS II skor rata-rata menjadi 77,35. Hal tersebut menunjllkkan adanya peningkatan sebesar 15,4. Secara keseluruhan pada akhir siklus Il ini semua aspek dan kriteria menulis laporan kegiatan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Penggunaan teknik lingkaran keeil lingkaran besar ini memberikan kemudahan dalam mengembangkan laporan sesuai topik dan tujuan serta menyusun kerangka laporan secara sistematis. Selain itu, melalui teknik lingkaran keeil lingkaran besar juga telah menambah pengetahuan siswa tentang menulis laporan kegiatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 29 Jun 2012 02:04
Last Modified: 01 Feb 2019 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item View Item