PENERAPAN PENILAIAN BERBASIS KELAS MELALUI PENYUSUNAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA SISWA SMA KELAS XI IPA DI DIY

Antuni, Wiyarsi and Sutiman, - (2009) PENERAPAN PENILAIAN BERBASIS KELAS MELALUI PENYUSUNAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA SISWA SMA KELAS XI IPA DI DIY. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
27. Antuni dan Sutiman(219 -227).pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan penilaian penugasan melalui penyusunan peta konsep ditinjau dari pemahaman konsep kimia siswa SMA kelas XI IPA di DIY, efektivitas penerapan penilaian penugasan melalui penyusunan peta konsep ditinjau dari motivasi belajar siswa SMA kelas XI IPA di DIY, kualitas peta konsep yang disusun oleh siswa SMA kelas XI IPA di DIY, dan mengetahui ada tidaknya hubungan antara kualitas peta konsep dengan pemahaman konsep kimia siswa SMA kelas XI IPA di DIY. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan beberapa desain penelitian. Subjek penelitian adalah siswa-siswa SMA Negeri kelas XI IPA di Propinsi DIY di 3 lokasi sekolah, yaitu SMA N 1 Ngaglik, SMA N 2 Bantul, dan SMA N 5 Yogyakarta. Objek penelitian meliputi; pemahaman siswa, motivasi belajar siswa dan kualitas peta konsep yang disusun siswa. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t, uji anakova dan regresi, analisis deskriptif persentase serta analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penilaian penugasan melalui penyusunan peta konsep efektif ditinjau dari motivasi belajar kimia siswa kelas XI IPA di SMA N 2 Bantul serta tidak efektif untuk siswa kelas XI IPA SMA N 1 Ngaglik dan SMA N 5 Yogyakarta. Penerapan penilaian penugasan melalui penyusunan peta konsep efektif ditinjau dari pemahaman konsep kimia materi kesetimbangan kimia untuk siswa kelas XI IPA SMA N 5 Yogyakarta. Penerapan penilaian penugasan melalui penyusunan peta konsep tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep kimia materi laju reaksi untuk siswa kelas XI IPA di SMA N 2 Bantul dan SMA N 1 Ngaglik. Kualitas peta konsep yang disusun siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Bantul sebagian besar termasuk dalam kategori baik, sedangkan untuk siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Ngaglik dan SMA N 5 Yogyakarta sebagian besar termasuk dalam kategori cukup baik. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas peta konsep dengan pemahaman kimia siswa SMA kelas XI IPA .

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penilaian berbasis kelas, peta konsep
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 04 Mar 2015 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12380

Actions (login required)

View Item View Item