ANALISIS SILABUS FISIKA YANG DIKEMBANGKAN GURU BERDASARKAN KTSP SESUAI PRINSIP RELEVANSI TERHADAP KEBUTUHAN KEHIDUPAN DI SMA SE-KABUPATEN KULON ROGO

Achmad, A. Hinduan and Sumaji, - (2009) ANALISIS SILABUS FISIKA YANG DIKEMBANGKAN GURU BERDASARKAN KTSP SESUAI PRINSIP RELEVANSI TERHADAP KEBUTUHAN KEHIDUPAN DI SMA SE-KABUPATEN KULON ROGO. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
080_Pend_Fis_Kendarti Satiti.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kesiapan guru-guru fisika SMA di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, dalam menyusun silabus berdasarkan KTSP untuk mengimplementasikan prinsip relevansi terhadap kebutuhan kehidupan. Pertanyaan penelitian yang akan dicari jawabannya melalui penelitan ini adalah (1) berapa persen guru-guru Fisika telah menyusun silabus berdasarkan pedoman KTSP?; (2) apakah silabus Fisika yang disusun guru dikembangkan telah sesuai dengan prinsip relevansi terhadap kebutuhan kehidupan?; dan (3) faktor-faktor penghambat apa yang dihadapi guru dalam penyusunan silabus Fisika. Sampel pada penelitian ini adalah 9 (sembilan) SMA yang terdiri atas 3 (tiga) SMA swasta yang mempunyai program studi IPA dan 6 (enam) SMA negeri yang dipilih secara acak. Silabus Fisika yang disusun guru dianalisis kesesuaiannya dengan indikator kebutuhan kehidupan siswa. Untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat dilakukan wawancara dengan guru Fisika. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) semua guru Fisika Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta tidak ada yang menyusun silabus sendiri tetapi para guru sudah mengembangkan kegiatan pembelajaran/pengalaman belajar dalam pembuatan silabus, 2) silabus yang dipergunakan guru disusun bersama teman MGMP atau tim dalam pelatihan, 3) silabus yang disusun guru belum ada yang relevan dengan kebutuhan kehidupan, 4) guru sering mendapat kesulitan dalam menyusun silabus karena kurangnya buku panduan dan belum meratanya bimbingan teknis penyusunan silabus. Saran yang disampaikan pada pemerintah daerah melalui dinas pendidikan perlu lebih memperhatikan dan memfasilitasi guru dalam penyusunan silabus agar sesuai dengan pedoman KTSP, perlu adanya perhatian dari Dinas pendidikan terhadap nasib sekolah kategori rendah untuk diikutkan pada setiap pelatihan penyusunan KTSP, perlu adanya supervisi dari Dinas Pendidikan terhadap pelaksanaan KTSP.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: silabus Fisika, KTSP, kebutuhan kehidupan
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 04 Mar 2015 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12367

Actions (login required)

View Item View Item