Lessons Study Pada Mata Kuliah Gelombang Dalam Bentuk Penerapapan Model Instruksional DDFK Problem Solving Untuk Mengembangkan Habit Of Mind Mahasiswa

Dadan, Rosana and Supriyadi, - and Edi, Istiyono and Agus, Purwanto (2009) Lessons Study Pada Mata Kuliah Gelombang Dalam Bentuk Penerapapan Model Instruksional DDFK Problem Solving Untuk Mengembangkan Habit Of Mind Mahasiswa. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
079_Pend_Fis_Dadan.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah; (1). merancang strategi penerapan DDFK (problem solving) dalam proses belajar mengajar Gelombang untuk menghasilkan suatu pembelajaran bermakna, (2). mengembangkan perangkat pembelajaran yang tepat digunakan untuk penerapan DDFK dalam pembelajaran Gelombang untuk meningkatkan habit of mind, (3). mengembangkan sistem evaluasi yang mampu memberikan penilaian secara integratif (proses dan hasil belajar sekaligus) dalam proses belajar mengajar Gelombang dengan penerapan strategi DDFK, (4). mendesain penelitian dengan rancangan Lessons Study yang dapat digunakan untuk menerapkan dan mengembangkan DDFK untuk meningkatkan aktivitas habit of mindmahasiswa, (5). mengembangkan koordinasi dan kolaborasi antara dosen LPTK dengan dosen Gelombang di Jurusan Pendidikan Fisika dalam penerapan DDFK sehingga terdapat keuntungan timbal balik (reciprocity of benefits), dan (5). menginventarisir kendala-kendala yang ada sebagai bahan pertimbangan untuk refleksi dan pelaksanaan penelitian berikutnya. Rancangan riset yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan rancangan Lessons Study ini di desain dalam Desain Random Sempurna (Completely Randomised Design). Desain ini digunakan untuk mengukur pengaruh suatu variable bebas yang dimanipulasi terhadap variable tergantung. Pemilihan kelompok secara random dilakukan untuk mendapatkan kelompok-kelompok yang ekuivalen. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY dengan melibatkan 4 orang dosen peneliti dimana 1 orang dosen yang menjadi pengampu mata kuliah Gelombang dalam penerapan DDFK. Kegiatan utama dilakukan di Jurusan Pendidikan Fisika yang dijadikan tempat kegiatan yaitu Jurusan Pendidikan Fisikan. Kelas yang digunakan adalah kelas yang terdiri dari 40 orang mahasiswa. Dari hasil kegiatan penelitian teaching grant untul penerapan media animasi dalam mata kuliah Gelombang ini dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut; (1). perangkat pembelajaran Gelombang berhasil dikembangkan dan mendukung kualitas proses dan kualitas hasil belajar mengajar Gelombang dan mampu mereduksi miskonsepsi mahasiswa, (2). dosen pengampu mampu melakukan keseluruhan aspek dalam sintaks pembelajaran menggunakan teknologi informasi dan animasi praktikum virtual seperti yang telah dirancang bersama dengan tim peneliti, (3). aktivitas dosen didominasi dengan kegiatan mengelola KBM sesuai dengan rancangan penelitian, mendorong atau melatihkan mahasiswa keterampilan proses sains, (5). pada umumnya mahasiswa menyatakan senang dan baru terhadap perangkat pembelajaran dan model pembelajaran Problem Solving DDFF yang telah dikembangkan oleh peneliti, dan (6). dosen pengampu menganggap perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan peneliti cukup membantu dan sangat bermanfaat dalam proses belajar mengajar Gelombang.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 06 Mar 2019 00:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12365

Actions (login required)

View Item View Item