PENGGUNAAN INHIBITOR ORGANIK UNTUK PENGENDALIAN KOROSI LOGAM DAN PADUAN LOGAM (Application of Organic Inhibitors for Corrosion Control of Metals and Alloys)

P. Yatiman, - (2009) PENGGUNAAN INHIBITOR ORGANIK UNTUK PENGENDALIAN KOROSI LOGAM DAN PADUAN LOGAM (Application of Organic Inhibitors for Corrosion Control of Metals and Alloys). Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
15. P Yatiman(134 - 142).pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penggunaan inhibitor organik untuk pengendalian korosi logam dan paduan logam telah didiskusikan. Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh penggunaan inhibitor anorganik, seperti senyawa-senyawa kromat dan zink, telah menyebabkan peningkatan penggunaan inhibitor organik. Inhibitor organik biasanya dirancang sebagai “pembentuk lapisan adsorpsi” yang melindungi logam/paduan logam dengan membentuk lapisan/film hidrofobik pada permukaan logam/paduan logam. Keefektifan inhibitor organik bergantung pada susunan kimia, struktur molekul dan afinitasnya terhadap permukaan logam/paduan logam. Kebanyakan inhibitor organik yang efektif yang digunakan dalam industri adalah senyawa-senyawa organik yang mengandung heteroatom seperti oksigen (O), nitrogen (N), belerang (S) dan ikatan rangkap di dalam molekul-molekulnya yang memfasilitasi adsorpsi pada permukaan logam/paduan logam. Pada umumnya inhibitor organik dapat menginhibisi seluruh permukaan logam/paduan logam yang terpapar dalam lingkungan korosif bila konsentrasinya memadai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Inhibitor organik, pengendalian korosi, logam dan paduan logam, pembentuk lapisan adsorpsi.
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 06 Mar 2019 08:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12357

Actions (login required)

View Item View Item