PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP BERBASIS PADA STANDAR MUTU

Subroto, - (2009) PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP BERBASIS PADA STANDAR MUTU. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009. ISSN 978-979-96880-5-7

[img]
Preview
Text
R_Makalah Semnas MIPA _Subroto_.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Sebagai pendidikan yang bersifat strategis, maka pendidikan di SMP didasarkan pada peningkatan mutu. Hal ini menunjukan adanya suatu tuntutan perubahan, salah satu contohnya adalah perubahan evaluasi. Untuk itu maka ada beberapa permasalahan perlu dikaji lebih mendalam, antara lain: (1) adanya tuntutan perubahan suatu pembelajaran fisika yang mempunyai relevansi dengan model evaluasi yang digunakan bedasarkan perundan-undangan yang belaku, (2) tuntutan adanya perubahan peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPA-fisika, dan (3) adanya tuntutan bahwa kita harus dapat dan berhasil melaksanakan pembelajaran fisika yang berbasis pada pengendalian dan penjaminan mutu dalam usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Meskipun sistem pembelajaran yang berbasis pada standar mutu memberi peluang yang besar dalam pencapaian hasil belajar siswa, sistem pembelajaran ini akan menghadapi beberapa kendala, sebagai contoh: dalam sistem pembelajaran ini setiap kelas minimal dibutuhkan dua guru fisika untuk mengelola kelas jaminan mutu dan kelas layanan pembelajaran tambahan dan ruang kelas tambahan yang akan digunakan sebagai kelas layanan tambahan.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Mar 2015 02:24
Last Modified: 06 Mar 2019 00:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12353

Actions (login required)

View Item View Item